Ucapan Presiden FIFA kepada Jokowi soal Tragedi Kanjuruhan

Kabar Nasional

Ucapan Presiden FIFA kepada Jokowi soal Tragedi Kanjuruhan

Tim detikSport - detikJabar
Kamis, 06 Okt 2022 02:30 WIB
Presiden Jokowi meninjau Stadion Kanjuruhan, Malang
Presiden Jokowi meninjau Stadion Kanjuruhan, Malang. (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo dan Presiden FIFA Gianni Infantino terlibat dalam sebuah percakapan melalui telepon. Hal yang dibahas adalah terkait Tragedi Kanjuruhan di Malang.

Komunikasi keduanya terjadi usai peristiwa mengerikan itu mencuat. Total, ada131 nyawa melayang akibat tragedi usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya pada Sabtu (1/10/2022).

Dikutp dari detikSport, Jokowi berbicara banyak soal Tragedi Kanjuruhan kepada Infantino. Sang lawan bicara Jokowi pun menyatakan FIFA siap memberi bantuan mengatasi masalah sepak bola Indonesia.


"Katanya kalau dibutuhkan, FIFA bisa membantu membenahi manajemen sepakbola Indonesia," ujar Jokowi, seperti dikutip dari Reuters.

Tragedi Kanjuruhan terjadi usai laga Arema vs Persebaya. Invasi suporter ke lapangan, ditanggapi aparat bersenjata dengan kekerasan.

Puncaknya, gas air mata ditembaki ke arah suporter, baik di lapangan dan ke arah tribune. Kepanikan pecah, suporter berebut keluar stadion.

Hal ini berdampak banyak yang terinjak-injak karena kesulitan keluar dari stadion. Anak-anak, perempuan, dan banyak orang lainnya tewas di tempat karena terinjak-injak dan kehabisan napas, di tengah kepulan asap gas air mata dari aparat.

Tragedi Kanjuruhan sendiri menjadi tragedi sepak bola terbesar kedua di dunia, usai korbannya mencapai 131 orang. Insiden ini membuat dunia sepakbola global berduka, bahkan Infantino menyebutnya sebagai 'hari yang gelap bagi sepakbola'.

Artikel ini telah tayang di detikSport dengan judul Jokowi: FIFA Tawarkan Bantuan Benahi Sepakbola Indonesia

(orb/orb)