Ridwan Kamil Minta Laga Sepak Bola Jangan Dipaksa Main Malam

Rifat Alhamidi - detikJabar
Senin, 03 Okt 2022 16:58 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto: Rifat Alhamidi/detikJabar)
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali menyinggung jadwal Liga 1 yang kerap digelar malam. Ia mengatakan, pertandingan liga seharusnya tidak dipaksakan digelar malam untuk mengantisipasi kericuhan seperti tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur.

"Ya jadi gini yah, kalau sepak bola main siang dengan main malam, lebih aman main siang. Karena mengendalikan lebih mudah, visual juga kelihatan. Jadi jangan selalu dipaksakan (jadwalnya) malam," kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu, Senin (3/10/2022).

Kang Emil mengatakan, petugas keamanan akan sulit mengendalikan massa jika terjadi kericuhan saat pertandingan digelar malam hari. Padahal seharusnya, kata dia, keamanan menjadi nomor satu untuk para suporter yang menyaksikan tim kebanggaannya langsung di stadion.


"Apalagi pilihan malamnya hanya gara-gara untuk mengejar tontonan TV lebih banyak. Keamanan kan harus nomor satu dan ini kan buktinya seperti ini. Susah mengendalikannya kalau (jadwal pertandingan) harus selalu malam," tuturnya.

"Bahkan polisi sudah meminta kan yang di Malang itu supaya digeser ke sore, tapi kan ditolak. Itu kan contoh karena harus selalu malem yang mengejar tontonan TV," ucapnya menambahkan.

Meski demikian, Kang Emil menegaskan tragedi ini harus menjadi momen instropeksi bagi semua pihak. Karena menurutnya, pertandingan sepak bola seharusnya bisa menjadi tontonan yang menghibur bagi warganya baik di televisi maupun langsung di stadion.

"Ini mah instropeksi untuk semua yah, tidak untuk saling menyalahkan. Tapi instropeksi bahwa apa yang kita lakukan, selama ini tuh hasilnya seperti itu. Karena harusnya, ini jadi tontonan hiburan untuk warga," pungkasnya.

Simak Video: TGIPF Tragedi Kanjuruhan Dibentuk, Diisi Jurnalis-Eks Pesepak Bola

[Gambas:Video 20detik]




(ral/orb)