8 Bulan yang Sibuk Bagi Timnas Indonesia

Soccer Update

8 Bulan yang Sibuk Bagi Timnas Indonesia

Tim detikSport - detikJabar
Jumat, 30 Sep 2022 09:00 WIB
Pemain Timnas Indonesia beserta offisial menyapa suporter di Stadion Pakansari, Selasa (27/9/2022), usai kemenangan atas Curacao di laga friendly internasional.
Para pemain Timnas Indonesia usai mengalahkan Curacao di Stadion Pakansari, Bogor. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Timnas Indonesia di berbagai level bakalan sibuk menghadapi sejumlah laga hingga delapan bulan ke depan, mulai dari Piala Dunia U-20, Kualifikasi Piala Asia U-17 hingga Piala AFF.

Dikutip dari detikSport, diketahui Timnas Indonesia senior baru saja menuntaskan FIFA Matchday di tahun 2022. Dalam dua laga melawan Curacao, Indonesia mampu menang 3-2 dan 2-1.

PSSI tak ada waktu untuk bersantai-santai. Timnas Indonesia U-17 besutan Bima Sakti akan menjalani laga Kualifikasi Piala Asia U-17 di Stadion Pakansari pada 1-9 Oktober.


Piala AFF 2022 di level senior kemudian akan bergulir pada 24 Desember 2022-15 Januari 2023. Timnas Indonesia ini akan ditukangi pelatih Shin Tae-yong yang ditargetkan juara oleh PSSI

Selepas Piala AFF, Shin Tae-yong tancap gas lagi dan harus mempersiapkan tim untuk Piala Asia U-20 di Uzbekistan. Garuda Nusantara akan mengikuti Piala Asia U-20 pada 1-18 Maret 2023.

Timnas Indonesia kemudian harus bersiap menatap SEA Games 2023 di Kamboja yang berlangsung pada 5-16 Mei. Untuk cabang olahraga sepak bola, pertandingan selalu digelar lebih dulu daripada opening Ceremony.

"Tahun depan memang padat. Ada SEA Games Mei, kemudian Piala Dunia U20 2023. Pasti ada pelatih pengganti. Karena hanya tiga hari beda Piala Dunia (U-20) dengan SEA Games," ujar ketua PSSI, Mochamad Iriawan, beberapa hari lalu.

"Kami akan diskusikan dan umumkan siapa penggantinya nanti. Tentu semuanya dengan seizin pelatih kepala Shin Tae-yong," ujar sosok yang akrab disapa Iwan Bule itu menambahkan.

Shin Tae-yong besar kemungkinan tidak turun langsung mendampingi Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023. Namun, dalam proses persiapan diyakini tetap akan terlibat dan punya pengaruh besar.

Shin Tae-yong selepas Piala Asia U-20 harus mempersiapkan tim untuk ajang Piala Dunia U-20. Indonesia sudah ditunjuk sebagai tuan rumah dan perhelatan bergulir pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

Indonesia selanjutnya akan tampil di Piala Asia 2023 untuk level senior pada 16 Juni sampai 16 Juli 2023. Laga tersebut belum diketahui akan berlangsung di mana setelah China menarik diri sebagai penyelenggara.

Indonesia sempat dikabarkan tertarik untuk menjadi tuan rumah. Sampai saat ini masih dalam evaluasi AFC terkait kesiapan Indonesia sebagai penyelenggara.

Artikel ini telah tayang di detikSport dengan judul Jadwal Timnas Indonesia Selanjutnya: Dari Tim Senior Sampai U-20

(sya/orb)