Timnas Indonesia Prioritaskan Apparel Lokal di Ajang Internasional

Kabar Nasional

Timnas Indonesia Prioritaskan Apparel Lokal di Ajang Internasional

Tim detikJabar - detikJabar
Jumat, 30 Sep 2022 00:55 WIB
Keterbatasan fisik tak menyurutkan prestasi Timnas Sepakbola Amputasi Indonesia yang lolos ke Piala Dunia 2022. Saatnya Timnas Amputasi bertaji.
Ilustrasi jersey Timnas (Foto: A.Prasetia/detikcom)
Bandung -

Apparel lokal akan digunakan Timnas Indonesia di berbagai ajang baik nasional maupun internasional. Hal ini dilakukan guna memperkuat ekonomi dalam negeri di sektor olahraga.

Apparel pabrikan lokal ini rencananya akan diproyeksikan digunakan oleh para pemain Timnas berbagai usia. Para pemain akan menggunakan baik di Piala Asia putra dan putri, Piala Dunia U-20 hingga Piala AFF.

"Kita harus mengutamakan produk dalam negeri kita ini," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam keterangannya, Kamis (29/9/2022).


Adapun apparel yang digunakan baik dari jersey hingga sepatu. Sebagaimana diketahui, banyak produsen dalam negeri yang memproduksi keperluan untuk berolahraga.

Menurut Iriawan, apparel pabrikan dalam negeri tak kalah dari produk berkelas di luar negeri. Namun, memang jam terbang produk dalam negeri masih terbilang minim.

Di samping itu, Iriawan menambahkan penggunaan produk dalam negeri juga bisa menyerap tenaga kerja. Sehingga, nantinya roda perekonomian di Indonesia bisa berjalan mulus.

"Selain menyerap tenaga kerja dan memperkuat ekonomi nasional, produk dalam negeri ini bisa menambah kebanggaan kita sebagai anak bangsa untuk memajukan bangsa itu sendiri," katanya.

Iriawan bahkan sesumbar akan menggandeng Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk memberikan saran peningkatan kualitas produk dalam negeri. Sehingga, pakar-pakar atau periset dari universitas unggulan bisa memberikan sumbangsih pikiran untuk teknologi apparel pabrikan lokal.

"Saya yakin perusahaan-perusahaan lokal pembuat apparel sudah memiliki tim riset sendiri. Namun jika dibutuhkan maka peran BRIN di sini menjadi penting sebagai institusi pendukung sports science nya," tuturnya.

"Kita ini banyak memiliki ilmuwan desain produk yang hebat. Nah melalui riset-riset ini diharapkan ada ide-ide baru demi meningkatkan kualitas apparel buatan Indonesia ini. Baik dari bahan, teknologi hingga desain tampilannya. Pemilihan bahan dasar apparel diperhitungkan. Misalnya dengan menggunakan baju tim jika dipakai berlari maka dihitung berapa kecepatannya," kata Iwan Bule sapaannya menambahkan.

Dia turut menantang para produsen apparel lokal untuk bisa menghasilkan produk unggulan berkualitas dengan dilengkapi teknologi terkini. Namun tetap tak meninggalkan identitas Indonesia.

"Pada even-even akbar yang akan timnas ikuti di waktu mendatang. Maka kami minta apparel-apparel ini pun bisa keluarkan teknologi terbaiknya dalam membuat produk. Kalau bisa juga mampu tonjolkan ciri khas produk dari Indonesia. Saya pernah lihat sepatu bola buatan Indonesia ada yang motif batik, ini luar biasa," kata dia.



Simak Video "Suporter Ngadu ke Komnas HAM: Kami Selama Ini Cuma Diambil Keuntungan"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)