Aksi Lincah Bocah Perempuan Bandung Olah 'Si Kulit Bundar'

Aksi Lincah Bocah Perempuan Bandung Olah 'Si Kulit Bundar'

Whisnu Pradana - detikJabar
Senin, 26 Sep 2022 03:00 WIB
Kailla Fila bocah perempuan yang hobi bermain sepakbola
Kailla Fila bocah perempuan yang hobi bermain sepakbola (Foto: Whisnu Pradana/detikJabar)
Cimahi -

Kailla Fila Humanisa tak ragu beradu badan dengan anak lelaki seusianya kala bermain di lapangan hijau. Ya Kailla menjadi salah satu murid di Sekolah Sepakbola (SSB) Bionsa.

Gadis berumur 12 tahun itu bahkan turut ambil bagian kala tempatnya menimba ilmu sepakbola mengikuti kompetisi sepakbola usia dini Piala Kadisjasad 2022 di lapangan sepakbola Disjasad, Kota Cimahi, Minggu (25/9/2022).

Dalam balutan seragam klub berwarna hitam, Kailla tak lupa mengenakan kerudung dengan kaos kaki dan manset hitam. Penampilan Kailla tentunya menarik perhatian, sampai akhirnya ia dimasukkan di babak ke dua.


Mencicipi beberapa menit pertandingan melawan SSB lainnya, Kailla bermain cukup efektif. Kecenderungan sepakbola anak yang mengejar bola tanpa menghiraukan lawan, tak jadi soal. Ia bermain cukup efektif di lini tengah. Beberapa kali sukses mematahkan serangan yang dibangun tim lawan.

Peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup wasit. Ia sontak sujud syukur di lapangan, diikuti rekan setimnya yang lain. Tak mencetak gol buka soal, yang penting ia bisa membantu tim menjaga keunggulan.

"Alhamdulillah bisa menang," ujar Kailla kepada detikJabar usai pertandingan.

Awal Mula Bisa Bermain Sepakbola

Permainan sepakbola tentu lazimnya dimainkan oleh laki-laki meskipun dewasa ini luar biasa banyak perempuan yang juga memainkan si kulit bundar. Kini Kailla jadi salah satu mutiara sepakbola tanah air yang perlu dipoles sampai bisa benar-benar berkilau mumpung masih sangat muda.

Kailla berkisah awal mula bisa menjajal olahraga sepakbola. Selain karena memang ia suka menonton pertandingan sepakbola ia juga ingin mencari dunia yang baru.

"Ya ingin mencoba yang baru, dunia yang baru. Memang suka sepakbola juga sebelumnya," tutur Kailla.

Apalagi di keluarganya kakak lelakinya juga merupakan pemain bola. Hasratnya makin kuat untuk lebih serius menekuni olahraga sepakbola yang tentunya jarang dilirik anak perempuan seusianya.

"Ya karena Aa (kakak laki-laki) juga suka main bola, jadi didorong juga. Orangtua alhamdulillah mendukung," ucap Kailla.

Kompetisi yang dilakoninya kali ini bukan yang pertama bagi Kailla. Ia rutin ikut kompetisi hingga pernah mengalami cedera namun tak membuatnya kapok.

"Sudah sering ikut (kompetisi), jadi bukan yang pertama. Pernah cedera, tapi sudah biasa jadi ya enggak kapok," tutur Kailla.

Hingga saat ini sudah genap dua tahun Kailla berkecimpung di dunia sepakbola dalam naungan SSB Bionsa. Diawali dari kelas 5 SD sampai kemudian ia memilih masuk SSB untuk mengasah bakat dan minatnya.

"Sudah 2 tahun berarti sampai sekarang. dari kelas 5 SD sekarang kelas 1 SMP di SMP IT Matahati Nagrek. Mudah-mudahan bisa main di Timnas perempuan," kata Kailla.

Cari Bibit Unggul Usia Dini

Total ada 15 SSB se-Jawa Barat dan DKI Jakarta yang ambil bagian dalam Festival Sepak Bola Usia Dini se-Jawa Barat memperebutkan Piala Kadisjasad 2022 tersebut.

Kepala Dinas Jasmani Angkatan Darat (Kadisjasad) Brigjen TNI Aminudin mengungkapkan, tujuan diselenggarakan kompetisi tersebut sebagai upaya mengembangkan bakat anak dalam sepak bola. Khususnya anak-anak di Kota Cimahi dan Bandung Raya.

"Selain sebagai wadah pengembangan sepak bola usia dini, kompetisi ini juga bertujuan meningkatkan kualitas anak dalam bermain bola. Pesertanya U-11 dan U-12," kata Aminudin.

Tidak hanya sampai di situ, Aminudin juga mengaku jika kompetisi ini juga sebagai upaya pihaknya membantu pemerintah, khususnya PSSI dalam mencari calon-calon pesepakbola berbakat.

"Ke depan kami bakal mengundang para pencari bakat untuk melihat dan menyeleksi anak-anak yang berbakat untuk dibina agar disiapkan menjadi pesepakbola profesional," ucap Aminudin.



Simak Video "Ricuh Sepakbola Tarkam di Sukabumi, Penonton Saling Pukul"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)