Jawaban Iwan Bule soal Timnas Indonesia Vs Curacao Sepi Penonton

Bima Bagaskara - detikJabar
Minggu, 25 Sep 2022 08:32 WIB
Suasana Stadion GBLA menjelang laga Timnas Indonesia vs Curacao.
Suasana Stadion GBLA menjelang laga Timnas Indonesia vs Curacao. (Foto: Bima Bagaskara/detikJabar)
Bandung -

Laga antara Indonesia melawan Curacao yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (24/9/2022) malam sepi penonton. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan tahu sebabnya.

Di laga FIFA Matchday tersebut, Indonesia berhasil menang dengan skor 3-2 atas Curacao. Tiga gol kemenangan Indonesia dicetak Marc Klok, Fachrudin Aryanto dan Dimas Drajad.

Sementara dua gol Curacao ke gawang Indonesia dihasilkan oleh Rangelo Janga dan Juninho Bacuna. Namun kemenangan tersebut terasa tak spesial. Sebab pertandingan itu sepi penonton.


Dilihat detikJabar, tribun penonton terlihat lowong dan hanya diisi segelintir suporter saja. Tribun yang lowong itu terlihat di Timur, Selatan dan Utara. Di Utara diisi oleh suporter fanatik Indonesia yang menamakan diri Ultras Garuda.

Sementara di tribun Barat, diisi oleh penonton yang mayoritas membeli tiket kategori VIP. Dari catatan match summary, total penonton yang hadir di stadion pada laga melawan Curacao hanya sebanyak 7.095 orang.

Sepinya penonton di laga itu turut dikomentari Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini tahu penyebab tidak banyak penonton yang hadir di stadion.

"Saya tanya sendiri ke mereka, suporter tidak tahu Curacao dimana," kata Iwan Bule kepada wartawan usai pertandingan.

Iwan Bule juga membandingkan laga Timnas Indonesia yang digelar di Bandung melawan Bangladesh beberapa bulan lalu. Ia mengakui laga itu lebih banyak dihadiri oleh penonton.

Penyebabnya, nama Bangladesh lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia ketimbang Curacao. Jadi karena hal itulah, laga Indonesia malam ini sepi penonton.

"Mereka tidak tahu (Curacao), Bangladesh lebih tahu," singkatnya.

(bba/yum)