Liga 1

Umuh: Enggak Mudah Cari Pelatih yang Lebih Bagus dari Robert

Bima Bagaskara - detikJabar
Senin, 15 Agu 2022 12:24 WIB
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Umuh Muchtar dan Kuswara S Taryono
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Umuh Muchtar dan Kuswara S Taryono (Foto: Bima Bagaskara/detikJabar)
Bandung -

Persib Bandung tanpa pelatih kepala saat menjamu PSIS Semarang di pekan keempat Liga 1 2022 pada Sabtu (13/8) kemarin. Meski begitu Persib mampu menang atas PSIS dengan skor 2-1.

Kemenangan ini jadi yang pertama bagi Persib. Sebelumnya di tiga laga, Persib menelan dua kekalahan dan sekali imbang. Hasil minor itulah yang kemudian membuat Robert Alberts memutuskan mundur sebagai pelatih Persib.

Robert mundur pekan lalu saat ribuan Bobotoh mengepung Graha Persib di Jalan Sulanjana, Kota Bandung. Bobotoh mendesak agar pelatih asal Belanda itu dipecat atau mundur karena dianggap tak mampu memberikan prestasi setelah 3 tahun menangani Persib.


Manajemen kemudian menunjuk Budiman sebagai caretaker atau pelatih sementara. Ia kemudian berhasil mempersembahkan 3 poin bagi Persib di laga menjamu PSIS.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Umuh Muchtar mengatakan hingga hari ini Persib masih mencari sosok pelatih pengganti Robert.

"Sabar, sampai saat ini juga saya belum dikasih tahu Pak Glenn (Dirut PT PBB). Ya kalau Pak Glenn biasanya kalau sudah dapat, sudah ok pasti ada berita. Sampai saat ini belum ada pelatih baru," kata Umuh, Senin (15/8/2022).

Umuh mengungkapkan tidak mudah untuk mencari pelatih yang dianggap mampu memberikan prestasi bagi klub berjuluk Maung Bandung ini.

"Karena tidak mudah kita harus yang cocok dan benar-benar membawa Persib jadi lebih bagus, dan lebih bagus juga dari Rene Alberts," ungkapnya.

Meski belum ada pelatih yang dipilih namun Umuh menyatakan ada beberapa sosok pelatih yang menghubunginya dan berminat menukangi Persib. Tapi Umuh enggan membocorkan siapa pelatih yang menghubunginya itu.

"Banyak yang hubungi saya, tapi saya enggak bisa buka sekarang, siapapun karena kewenangan ada di PT dari manajemen, sabar lah, Insha Allah," ujar Umuh.

Sebelumnya Umuh juga sempat menyatakan jika Persib akan kembali mencari pelatih asing untuk menggantikan Robert.

"Pak Glenn (Direktur Utama PT PBB) yang menentukan, kita membidik asing. Deadline secepatnya. Kita sudah bergerak, kita mencari siapa-siapa nanti akan diberitahukan. Mungkin yang belum sama sekali (melatih di Indonesia), tapi dia punya nama. Mungkin ya. Insyaallah tunggu aja," kata Umuh belum lama ini.

Setelah pernyataan Umuh itu disampaikan, beberapa nama pelatih asing santer dikait-kaitkan dengan Persib Bandung. Setidaknya ada empat nama yang paling sering dibicarakan bakal melatih Persib.

Mereka diantaranya ialah Benjamin Mora (Meksiko), Kim Do Hoon (Korea Selatan), Paul Munster (Swedia) dan Luis Milla (Spanyol).

(bba/yum)