Round-Up

Kursi Panas Persib Itu Ditinggalkan sang Meneer

Bima Bagaskara - detikJabar
Kamis, 11 Agu 2022 00:15 WIB
Pelatih Persib Robert Alberts.
Robert Alberts. (Foto: persib.co.id)
Bandung -

Persib Bandung dan Robert Albert akhirnya berpisah. Setelah 3 tahun menjalin menahkodai Persib, Robert memutuskan mundur dari kursi panasnya sebagai pelatih pada 10 Agustus 2022.

Kabar mundurnya Robert disampaikan manajemen Persib melalui keterangan resmi pada Rabu (10/8/2022) siang. Pengumuman itu berbarengan dengan aksi ribuan Bobotoh yang mengepung Graha Persib di Jalan Sulanjana, Kota Bandung.

"Setelah tiga musim menjalin kebersamaan, Persib dan Robert Alberts memutuskan untuk mengakhirinya pada hari ini, Rabu 10 Agustus 2022. Pelatih asal Belanda tersebut memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih kepala Pangeran Biru," tulis keterangan resmi klub.


Keputusan mundur Robert sebagai pelatih tidak terlepas dari hasil buruk yang dialami klub berjuluk Maung Bandung ini di tiga pertandingan awal Liga 1. Marc Klok cs menelan dua kekalahan dan sekali imbang. Itu membuat Persib terpuruk di urutan 17 klasemen sementara.

Hasil itu membuat banyak pihak kecewa. Mulai dari Bobotoh hingga manajemen Persib. Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Kuswara S Taryono menyarakan pihaknya kecewa dengan apa yang didapat Persib di awal kompetisi Liga 1 2022 ini.

"Manajemen ingin memberikan yang terbaik, kami sedih, kami juga marah dan kecewa dengan hasil pertandingan pertama draw, kedua ketiga kalah," kata Kuswara kepada media.

PT PBB kemudian melakukan evaluasi terhadap kinerja pelatih Robert Alberts. Kedua pihak juga sebelumnya sudah melakukan pertemuan untuk membahas kelanjutan kerjasama yang seharusnya masih bertahan hingga 2025 mendatang.

Barulah pada Rabu siang pukul 12.30 WIB, pernyataan mundur Roberts sebagai pelatih Persib diterima manajemen dan langsung diumumkan ke publik berbarengan dengan aksi Bobotoh yang mengepung Graha Persib.

"Akhirnya alhamdulilah jam 12.30 tadi yah, pak Glenn (Direktur Utama PT PBB) menelepon ke saya, jadi Rene Alberts sudah mengundurkan diri dan sudah tidak di Persib lagi," ucap Umuh Muchtar yang juga Komisaris PT PBB.

Umuh memastikan di laga Persib berikutnya melawan PSIS Semarang pada 13 Agustus di Stadion GBLA, Roberts dipastikan tidak akan lagi melatih Marc Klok cs.

"Jadi untuk besok lawan Semarang jadi di back up dulu sama asisten pelatih. Robert besok sudah tidak ada di lapangan hari Sabtu ya itu intinya. Jadi sudah jelas Robert sudah mengundurkan diri," ujarnya.

Mundurnya Robert sebagai pelatih Persib Bandung membuat ribuan Bobotoh yang melakukan aksi di depan Graha Persib Jalan Sulanjana, Kota Bandung merasa puas.

"Puas," ucap Perdana Menteri Viking Persib Club, Yoedi Badui saat diwawancarai detikJabar.

Menurutnya sejak awal Bobotoh memang sangat ingin Robert mundur sebagai pelatih Persib. Karena kata dia, Robert telah gagal membawa Persib bermain layaknya sebuah tim besar yang selalu menargetkan juara di tiap musimnya.

"Memang ini yang kita inginkan, kalau sudah mundur, clear," jelasnya.

(bba/orb)