Kiprah Teja Paku Alam, Benteng Terakhir Persib yang Bisa Diandalkan

Bima Bagaskara - detikJabar
Rabu, 10 Agu 2022 15:00 WIB
Kiper Persib Teja Paku Alam.
Kiper Persib Teja Paku Alam. (Foto: persib.co.id)
Bandung -

Teja Paku Alam mulai kembali bermain setelah mengalami cedera yang cukup parah. Pertandingan antara Persib Bandung melawan Borneo FC Samarinda pada Minggu (7/8/2022) kemarin jadi laga perdananya musim ini.

Teja sebelumnya mengalami cedera patah tulang telapak tangan saat menjalani latihan pada Mei lalu dan harus menepi beberapa bulan dari lapangan hijau.

Selama Teja cedera, pilihan penjaga gawang Persib selalu berubah-ubah. Made Wirawan dan Fitrul Dwi Rustapa bergantian dimainkan hingga akhirnya Teja dinyatakan sembuh dan kembali ke skuad utama Persib.


Sayangnya di laga perdananya di Liga 1 2022 ini, Teja harus kebobolan empat gol saat Persib dihancurkan tuan rumah Borneo FC Samarinda dengan skor 4-1. Meski begitu penampilan penjaga gawang 28 tahun ini tetap diapresiasi oleh pelatih kiper Persib, Luizinho Passos.

"Menurut opini saya, Teja tidak ada masalah apalagi dia tidak bermain selama dua bulan karena cedera. Tapi tentu saja dia masih harus memperbaiki itu. Tapi soal performa dia di pertandingan, tentunya tidak bagus kalah dengan skor 1-4," kata Passos, Rabu (10/8/2022).

Passos memastikan Teja akan selalu menjadi penjaga gawang utama Persib jika kondisinya siap untuk dimainkan. Itu berarti di laga melawan PSIS Semarang pada 13 Agustus besok, Teja kembali akan menjadi starter.

"Tentu saja, karena Teja kiper nomor satu saya. Memang Teja lama tidak bermain karena cedera di jarinya. Tapi Teja adalah kiper nomor satu saya dan musim lalu dia adalah kiper terbaik di liga," ungkapnya.

Sepanjang musim kemarin, Teja dimainkan 24 kali sejak menit awal pertandingan. Dari total penampilannya itu, Teja berhasil mencatatkan clean sheet alias tidak kebobolan sebanyak 14 kali.

Namun, performa apik Teja di musim 2021 sempat terkendala. Teja diketahui beberapa kali mengalami cedera. Ia juga sempat dicadangkan oleh pelatih Robert Alberts.

Meski mempercayakan posisi penjaga gawang utama kepada Teja, namun Passos menegaskan tetap mengakui kemapuan kiper lainnya seperti Made Wirawan, Fitrul Dwi Rustapa dan juga Reky Rahayu.

"Saya percaya semua kiper, Teja, Made, Fitrul dan Reky, tapi seperti yang saya katakan, semua harus berbenah. Tidak bisa berada di posisi kami sekarang. Tapi saya berjanji akan melakukan yang terbaik untuk Persib Bandung," jelasnya.

(bba/yum)