Kabupaten Sukabumi

Maknai HUT ke-77 RI Lewat Sajian Nasi Liwet

Siti Fatimah - detikJabar
Rabu, 17 Agu 2022 13:07 WIB
Warga Sukabumi isi HUT ke-77 RI masak nasi liwet bersama.
Foto: Warga Sukabumi isi HUT ke-77 RI masak nasi liwet bersama (Istimewa).
Sukabumi -

Momen menarik dalam peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-77 terekam di Sukabumi. Berbeda dengan yang lain, warga mensyukuri kemerdekaan ini dengan memasak nasi liwet sebanyak 77 kastrol, angka yang sama dengan usia kemerdekaan Indonesia.

Kegiatan masak-memasak itu digelar di Kampung Cibule, Desa Sukalarang, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi pada malam menjelang hari kemerdekaan 17 Agustus 2022.

Setidaknya ada 500 warga menghadiri acara syukuran yang diinisiasi oleh pimpinan Pondok Pesantren Nurul Irfan, Abah Cibule. Selain memasak nasi liwet, acara ini juga diisi dengan membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 100 ribu kali atau yang dikenal dengan ataqoh qubro dan juga tahlil akbar.


"Acara ini adalah sebuah bentuk rasa syukur atas hari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Merdeka merupakan kemewahan dari Allah SWT untuk setiap manusia," ujar Abah Cibule kepada detikJabar, Rabu (17/8/2022).

Menurut Abah Cibule, momen kemerdekaan ini juga memiliki arti bahwa setiap warga negara bebas untuk mengemukakan pendapat dan mengekspresikan kebahagiaan. Terlebih, kata dia, peringatan ini juga dapat membangun rasa nasionalisme terhadap masyarakat serta mendukung penciptaan inovasi tak terbatas dalam rangka memajukan bangsa.

"Acara diawali dengan acara ataqoh kubro dilanjut dengan tahlil akbar untuk para pahlawan Indonesia. Lalu sebagian panitia menyiapkan nasi liwet 77 kastrol dan di akhir acara semua masyarakat yang hadir ikut makan bersama yang dipersiapkan panitia," ujarnya.

Setiap tahun, nasi liwet yang dimasak selalu bertambah sesuai dengan jumlah tahun perayaan HUT Kemerdekaan. Bukan hanya nasi saja, makanan pelengkap lainnya pun berjumlah sesuai tanggal, bulan dan tahun ketika teks proklamasi dibacakan Bung Karno dan Bung Hatta.

"Seperti tahun ini merupakan tahun ke-77, maka kami memasak 77 kastrol nasi liwet, yang dilengkapi dengan 17 jenis lauk pauk, 8 jenis sambal, 19 jenis lalapan dan 45 jenis buah-buahan," sambungnya.

Kepala Desa Sukalarang, Ece Suryadi menambahkan, acara tersebut murni diinisiasi oleh warganya. Dia pun sangat mengapresiasi dan berharap acara syukuran hari kemerdekaan ini dapat dilaksanakan lebih meriah setiap tahun.

"Acara semacam ini adalah harapan pemerintah untuk menanamkan rasa nasionalisme, kebersamaan, serta gotong royong. Kegiatan di Kampung Cibule ini dapat dijadikan contoh untuk kampung-kampung lain yang ada di Desa Sukalarang," kata Ece.

(mso/mso)