Ridwan Kamil Pamer 'Jurus' Atasi Krisis dan Realisasi Investasi Jabar

Sudirman Wamad - detikJabar
Rabu, 17 Agu 2022 12:36 WIB
Uparaca HUT RI ke-77 di Lapangan Gasibu
Foto: Upacara HUT ke-77 RI di Lapangan Gasibu Bandung (Sudirman Wamad/detikJabar).
Bandung -

Gubernur Jabar Ridwan Kamil bicara soal krisis ekonomi yang terjadi di berbagai negara. Ia mengaku telah menyiapkan tiga jurus dalam peningkatan ekonomi di daerah.

"Tiga rencana itu adalah penyelamatan, pemulihan dan penormalan. Jabar salah satu provinsi yang memberikan andil secara signifikan untuk pertumbuhan ekonomi nasional," kata Ridwan Kamil saat menjadi inspektur upacara HUT ke-77 RI di Lapangan Gasibu, Rabu (17/8/2022).

Lebih lanjut, Ridwan Kamil mengatakan pada triwulan kedua tahun ini ekonomi di Jabar tumbuh sebesar 5,8 persen. Ia menyebutkan pertumbuhan ekonomi di Jabar tertinggi dibandingkan daerah lainnya di Pulau Jawa.


"Pertumbuhan ekonomi di Jabar ditopang investasi Rp 136 triliunan. Mampu menyerap 135 ribu lapangan kerja," kata Kang Emil, sapaan akrabnya.

Kang Emil mengatakan realisasi investasi pada tahun ini meningkat dibandingkan sebelumnya. Pada kuartal kedua tahun ini, dikatakan Kang Emil, realisasi investasi di Jabar mencapai Rp 44 triliunan.

"Sekarang capai Rp 44 triliunan, naik. Lima tahun berturut-turut menjadi destinasi investasi di Indonesia," kata Kang Emil.

Kang Emil juga menjelaskan soal ancaman pemanasan global. Pihaknya mendorong agar pembangunan di Jabar mengedepankan ramah lingkungan dan berkelanjutan.

(sud/mso)