Pejabat Kota Helsinki Sambut Hangat Delegasi Benchmarking Sumedang

Pejabat Kota Helsinki Sambut Hangat Delegasi Benchmarking Sumedang

Danica Adhitiawarman - detikJabar
Jumat, 25 Nov 2022 20:39 WIB
Delegasi Pemkab Sumedang
Foto: Istimewa
Jakarta -

Chief Digital Officer City of Helsinki City, Mikko Rusama menyambut kedatangan delegasi Pemerintah Kabupaten Sumedang yang sedang melaksanakan Benchmarking Digital Services ke Finlandia di City Hall Helsinki, Kamis (24/11). Hal ini dalam rangka menjadikan Kota Helsinki kota paling fungsional dengan adanya transformasi digital.

Mikko menyampaikan presentasi tentang transformasi digital dengan tema 'From a reactive to a proactive city on citizen: With digitalisation we can make Helsinki the most functional city in the world'. Ia mengatakan pemerintah harus proaktif dan tidak hanya reaktif dalam menyejahterakan masyarakat.

Pemerintah Helsinki perlu memenuhi kebutuhan masyarakat sebelum masyarakat meminta dengan cara menyiapkan 'City of Helsinki's Digital Strategi 2022-2023'. Beberapa program perubahan yang dilakukan pemerintah tersebut, yakni digital services, data strategi, implementation of the information management act, shared city services, digital foundation, recovery program, and agile experience.


Sebelumnya, Duta Besar Indonesia untuk Finlandia, Ratu Silvy Gayatri mengapresiasi capaian Kabupaten Sumedang dalam transformasi digital. Hal ini disampaikan ketika menerima delegasi Benchmarking Digital Services dari Kabupaten Sumedang yang dipimpin Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir pada hari Rabu (23/11) di Wisma Duta Helsinki, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Finlandia.

"Kabupaten Sumedang merupakan kabupaten dengan digitalisasi pertama di Indonesia dan kini menjadi role model nasional. Kabupaten Sumedang berprestasi dan membanggakan. Hal ini tentu saja harus dilanjutkan untuk berbagi dan menularkan kapasitasnya kepada kabupaten lain demi mencapai negara Indonesia yang semakin canggih digitalnya," ujar Ratu dalam keterangan tertulis, Jumat (25/11/2022).

Ia mengatakan Finlandia adalah salah satu negara yang berhasil dalam transformasi digital. Survei menunjukkan Finlandia sebagai negara yang berhasil bersaing dengan Uni Eropa.

"Kami harapkan kunjungan Kabupaten Sumedang ke Finlandia akan memberikan manfaat yang besar bagi daerah dan masyarakat, yang kemudian dapat menularkan ke kabupaten lain," ucapnya.

Ia menambahkan Kabupaten Sumedang mendapatkan pencapaian yang luar biasa, serta sudah saatnya Indonesia masuk ke era digitalisasi.

"Kita adalah negara besar. Sumedang merupakan daerah yang membanggakan di saat situasi seperti ini. Kunjungan Sumedang ke Finlandia harus bisa menambah status pencapaian. Contoh, website Sumedang harus dikembangkan lebih lanjut agar kemampuannya lebih optimal lagi," ujarnya.

Bupati Dony menyampaikan rasa bangganya karena delegasi Benchmarking Digital Services Kabupaten Sumedang mendapatkan sambutan hangat dari KBRI dan Pemerintah Kota Helsinki.

"Alhamdulillah, kami diterima dengan baik dan antusias oleh Ibu Duta Besar maupun oleh Pejabat Pemerintah Kota Helsinki. Dua hari ini kami maraton diskusi dalam rangka benchmarking dengan berbagai pihak di Helsinki, terutama dengan institusi yang membidangi transformasi digital. Kami akan lakukan adopsi dan adaptasi berbagai best practices disini, serta memodifikasinya sesuai dengan kearifan dan kebutuhan konkret di Sumedang," ujarnya.

(ncm/ega)