MenPAN-RB Dorong Eksekusi Proyek Living Lab Inisiatif Pemkab Sumedang

MenPAN-RB Dorong Eksekusi Proyek Living Lab Inisiatif Pemkab Sumedang

Yudistira Imandiar - detikJabar
Jumat, 11 Nov 2022 07:37 WIB
Pemkab Sumedang
Foto: Pemkab Sumedang
Jakarta -

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Anas mendorong pengembangan platform kolaboratif Indonesia Digital Services Living Lab yang digagas Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang segera dieksekusi. Pengembangan platform tersebut merupakan salah satu proyek perubahan dalam upaya reformasi birokrasi.

"Ya saya kira digitalisasi sedang menjadi konsen dari Kementerian dan lembaga. Mudah-mudahan ide dan gagasan ini akan bisa di praktekan," kata Anas dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat (11/11/2022).

Hal tersebut disampaikan pada pertemuan antara Menteri PAN RB dengan Bupati Sumedang di Jakarta, Kamis (10/11).


Ia mengatakan proyek perubahan tersebut adalah bagian dari reformasi birokrasi yang saat ini dikembangkan dengan pendekatan tematik.

"Kita berharap ada proyek perubahan yang akan langsung bisa dipraktekan. Dan ini bagian dari reformasi birokrasi tematik ya. Kemiskinan, Investasi dan digitalisasi. Mudah-mudahan ini bisa di eksekusi proyek perubahannya," tegas Anas.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyampaikan proyek perubahan ini muncul setelah banyaknya kabupaten/kota yang studi banding ke Sumedang.

"Sampai saat ini ada 52 Kabupaten/Kota dan 20 lebih kementerian, lembaga, NGO yang studi banding ke Sumedang, tapi khusus untuk kabupaten/kota tidak jelas tindak lanjutnya. Sayang kalau formalitas, padahal sumber daya yang dikeluarkan cukup besar. Indonesia Digital Services Living Lab adalah jawabannya. Sebuah platform kolaboratif daerah dan pusat untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam melompatkan Indeks SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik)," terang Dony.

Adapun Indeks SPBE Kabupaten Sumedang tahun 2021 mencapai 3,52. Sebelumnya, di 2020 indek SPBE Sumedang menembus 3,81, terbaik pertama tingkat nasional. Capaian tersebut, kata Dony, memantik banyak daerah lain studi banding ke Kabupaten Sumedang.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman menyampaikan dengan skema living lab, daerah akan terpacu untuk saling belajar dan saling berbagi.

"Pendekatan saintifik sistemik dikombinasikan dengan empirik implementatif. Semangat pembelajaran dan gotong royong ini saya kira kekuatan dahsyat yang dapat melompatkan Indeks SPBE Nasional," jelas Herman yang saat ini sedang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat 1 di LAN RI.

"Platform Indonesia Digital Services Living Lab ini adalah proyek perubahan dalam keikutsertaan saya di PKN 1. Tema tersebut saya angkat sesuai dengan arahan mentor, yakni Pak Bupati Sumedang," ujar Herman.



Simak Video "Mengenang Tjahjo Kumolo, Perjuangkan Reformasi Birokrasi Sampai Korsel"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)