Hebat Pisan! Transformasi Digital Pemkab Sumedang Dipuji Luhut

Hebat Pisan! Transformasi Digital Pemkab Sumedang Dipuji Luhut

Dea Duta Aulia - detikJabar
Selasa, 22 Nov 2022 14:44 WIB
Pemkab Sumedang
Foto: dok. Pemkab Sumedang
Jakarta -

Pemerintah Kabupaten Sumedang mendapatkan pujian dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan. Pujian tersebut diberikan karena Pemkab Sumedang dinilai melakukan transformasi digital dengan baik.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan pihaknya merasa senang atas pujian tersebut. Ia menjelaskan upaya transformasi digital yang dilakukan Pemkab Sumedang dengan menghadirkan platform Indonesia Digital Services Living Lab. Hal tersebut diungkap Dony saat mengikuti Indonesia Digital Services Living Lab Summit 2022 di UID Bali, Senin (21/11/2022).

"Terima kasih kepada Pak Menko, Pak Menpan dan Pak Mendagri yang telah memberikan dukungan penuh. Bahkan memberikan arahan, motivasi dan inspirasi pada acara living lab summit di Bali ini. Saatnya kita berkolaborasi membangun negeri," kata Dony dalam keterangan tertulis, Selasa (22/11/2022).


Ia mengatakan pihaknya akan berbagi pengalaman untuk pada platform tersebut. Diharapkan platform tersebut bisa menginspirasi banyak kepada daerah lainnya.

"Melalui platform Indonesia Digital Services Living Lab, kabupaten/kota piloting akan berbagi pengalaman untuk melompatkan Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Alhamdulillah para kepala daerah menyambutnya dengan baik," jelasnya.

Sementara itu, Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar kepala daerah yang hadir di acara tersebut untuk mencontoh Kabupaten Sumedang. Menurutnya, Pemkab Sumedang telah menghadirkan inovasi yang cukup inspiratif.

"Saya harap para Bupati yang hadir dapat mencontoh Sumedang. Karena menurut saya Kabupaten Sumedang itu bagus (dalam transformasi digital)," kata Luhut.

Luhut menilai yang dilakukan oleh Dony Ahmad Munir merupakan hal baik, terutama dalam digitalisasi stunting.

"Kepala Daerah melakukan monitoring. Contohnya kemiskinan. Saya harap Anda-Anda bisa menjadi tokoh yang hebat seperti Kabupaten Sumedang. Tidak ada salahnya kita mencontoh sesuatu yang baik," jelasnya.

Ia turut meminta agar kepala daerah melakukan studi banding tentang digitalisasi ke Sumedang untuk bergabung ke dalam platform Indonesia Digital Services Living Lab.

"Kita belajar bersama-sama untuk melakukan transformasi digital dengan benchmarking lewat aplikasi Sumedang," tuturnya.

Menurutnya, kerja sama di antara para kepala daerah tersebut akan menjadikan Indonesia sebagai sorotan dunia dalam digitalisasi.

"Kalau kita bahu-membahu bekerja sama dalam tim Insyaallah kita tidak akan lama mencapai sesuatu dan pasti baik," tutup Luhut.



Simak Video "Jokowi Colek Luhut soal Investasi: Persoalan Sekecil Apapun Selesaikan"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)