Tas Ransel Raksasa di Bandung Pecahkan Rekor MURI

Moch Solehudin - detikJabar
Jumat, 19 Agu 2022 20:44 WIB
MURI
Pemecahan rekor MURI (Foto: Istimewa).
Bandung -

Replika tas gunung setinggi 2,6 meter berhasil masuk dalam buku Museum Rekor Indonesia (MURI). Tas dengan volume 1.945 liter itu dipajang di Gedung Sate Bandung.

Pembuatan replika tas gunung 'rakasasa' itu diinisiasi oleh salah satu produsen alat-alat olah raga alam. Proses pembuatan tas tersebut memakan waktu selama dua bulan.

"Tas gunung ini memiliki volume 1.945 liter. Untuk membuatnya kita butuh waktu dua bulan, mulai dari desain, diskusi terkait produk, hingga produksi dan penyelesaian akhir," ujar Commanditaire Arei Outdoorgear Bryant Peter Budijanto dalam rilis yang diterima detikJabar, Jumat (19/8/2022).


Bryant menjelaskan dalam desain tas raksasa ini terdapat motif-motif budaya di Indonesia. Pihaknya ingin menumbuhkan jiwa budaya terutama kepada generasi muda agar bisa menghasilkan karya terbaik untuk Indonesia.

Perwakilan Muri Lutfi Syahpradana mengatakan replika tas gunung terbesar yang dimiliki Arei Outdoorgear ini menjadi pionir. Sebelumnya belum pernah ada tas gunung sebesar itu.

Dari hasil pengukuran, kata dia, replika tas gunung tersebut memiliki tinggi 260 cm, panjang 59 cm dan lebar 45 cm.

"Muri belum pernah mencatatkan rekor tas gunung terbesar, ini menjadi pionir dalam menciptakan replika tas gunung terbesar dengan volume 1.945 liter," ujar Lutfi.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan apresiasi pada pelaksanaan Arei Bhinneka Fair 2022 yang diisi pemecahan rekor Muri berupa tas terbesar. Hal ini sebagai momentum kolaborasi ide, gagasan, kreativitas dan inovasi tercatat sebagai rekor Muri.

"Hal ini bukan hanya perayaaan Kemerdekaan tetapi refleksi dari perebutan kemerdekaan kita dari tangan penjajah. Untuk membangkitkan seluruh masyarakat dalam kemerdekaan ini, sesuai tema Kemerdekaan RI tahun ini Bangkit Lebih Kuat dan Tumbuh Lebih Cepat," ujar Ridwan Kamil.

Head of Marketing Communication Arei Outdoor Gear Nashiruddin Muhammad mengatakan, Arei Bhineka Fair 2022 tampil dengan konsep Sundanese Heritage. Hal itu menjadi bukti pihaknya medukung kelestarian budaya daerah, khususnya Jawa Barat sebagai tuan rumah pelaksanaan event ini.

"Ini persembahan Arei untuk Jabar Juara Lahir Batin. Semoga masyarakat berkenan," ucapnya.

(mso/mso)