Terminal Cianjur Jadi Tempat Keiza Asah Skill Slalom

Ikbal Selamet - detikJabar
Minggu, 14 Agu 2022 17:30 WIB
Lahan terminal yang jadi tempat latihan Keiza Venda.
Foto: Lahan terminal yang jadi tempat latihan Keiza Venda (Ikbal Selamet/detikJabar).
Cianjur -

Keiza Venda, mojang Cianjur ini berhasil meraih puluhan prestasi di ajang balap mobil slalom. Namu siapa sangka jika skil dan kemahiran balapnya diasah dengan latihan di lahan terminal di Cianjur.

Kabupaten Cianjur memang belum memiliki fasilitas untuk latihan balap baik balap mobil ataupun sepeda motor. Padahal Kota Santri memiliki banyak atlet yang berprestasi di bidang tersebut.

Biasanya para atlet atau team balap melakukan sesi latihan di Terminal Pasirhayam. Ya, mereka memang melakukan latihan di fasilitas umum yang seyogyanya hanya diperuntukkan untuk bus atau angkutan umum menurunkan dan menaikkan penumpang.


Salah satu lahan di terminal itu disulap menjadi track dadakan, dengan ban bekas sebagai penanda jalur balapnya.

Track dadakan di terminal itu juga yang menjadi tempat latihan Keiza Venda, 'putri slalom' Cianjur.

Lokasi latihan yang merupakan fasilitas umum membuatnya tak bisa berlatih setiap saat. Sekali dalam sepekan, mojang geulis kelahiran 2004 ini berlatih slalom di lokasi tersebut.

"Jadwal latihan tidak bisa semau kita, nunggu memang ada kegiatan latihan bersama, baru bisa latihan. Karena kan di teminal, jadinya tidak bisa setiap waktu latihan. Kalau ada sesi latihan pasti waktunya dimaksimalkan," ungkapnya.

Meski dengan sarana dan prasarana seadanya, Keiza nyatanya mampu meraih segudang prestasi membanggakan sejak awal debutnya di 2018 hingga 2022 ini.

"Terbaru pada 16 Juli 2022, saya juara 2 kelas wanita dalam AUTOKHANA CHAMPIONSHIP 2022 atau kejurnas slalom 2022, kalah dari kak Alinka yang memang sudah sangat senior untuk Slalom wanita," kata dia.

Dia mengaku senang dengan fasilitas yang seadanya bisa berprestasi bahkan satu podium bersama idolanya Alinka.

"Senang banget, dulu hanya bisa dilihat kak Alinka, tapi sekarang sudah bisa satu kejuaraan bahkan satu podium, dimana saya Juara 2 dan kak Alinka juara 1," ungkapnya.

Keiza mengaku ingin bisa mengalahkan Alinka dalam kompetisi berikutnya. Meskipun sulit namun dia optimis ke depan bisa mewujudkan targetnya itu.

"Pasti sulit untuk bisa mengalahkan kak Alinka, tapi saya yakin bisa. Dengan latihan keras dan konsisten saya bisa kalahkah kak Alinka suatu saat nanti," ucapnya.

Namun dia juga berharap Pemkab Cianjur segera menyiapkan fasilitas untuk para pebalap menjalani latihan. "Saya harapp segera aa sirkuit di Cianjur, supaya atlet bisa latihan. Dan yang menyukai bidang otomotif bisa berlatih, sehingga bermunculan atlet baru yang diharapkan bisa juga berprestasi," ujarnya.

(mso/mso)