Apa Itu Sunscreen? Berikut Jenis dan Cara Memilihnya Berdasarkan Tipe Kulit

Hanif Hawari - detikJabar
Rabu, 13 Jul 2022 06:30 WIB
Asian women applying face lotion.
Ilustrasi penggunaan sunscreen. Foto: Getty Images/iStockphoto/torwai
Jakarta -

Sunscreen adalah ramuan khusus untuk kulit agar tidak rusak karena pengaruh cahaya matahari. Dikutip dari indiatimes, sunscreen atau tabir surya bisa menjadi investasi rejimen terhadap kecantikan.

Mencari sunscreen sama dengan mencari jodoh, jika tidak cocok dengan kulit Anda maka akan menjadi bencana. Memang bukan tugas yang mudah, tapi akan sepadan dengan hasil yang kita dapatkan.

Jenis dan Cara Memilih Sunscreen Berdasarkan Tipe Kulit


  • Sunscreen untuk kulit berjerawat

Memilih sunscreen untuk kulit berjerawat harus berhati-hati. Ketika Anda salah memilih sunscreen, maka pori-pori wajah akan tersumbat. Maka dari itu, pilihlah sunscreen dengan formula bebas minyak.

Gunakan lotion, lotion gel atau formula berbasis semprotan yang juga tidak memiliki wewangian. Cobalah memilih sesuatu yang cenderung tidak menyebabkan iritasi. Carilah formulasi ringan berbasis air pada sunscreen untuk kulit berjerawat.

  • Sunscreen untuk kulit sensitif

Jenis kulit seperti ini lebih cenderung mudah mengalami iritasi karena berbagai jenis paparan bahan kimia. Sebaiknya, kulit yang sensitif itu harus menggunakan sunscreen yang lebih ringan dengan kandungan titanium dioksida (titanium dioxide).

Kandungan lain adalah seng oksida (zinc oxide) untuk meminimalkan reaksi yang timbul usai penggunaan sunscreen. Kulit sensitif juga harus menghindari sunscreen dengan kandungan paraben atau oxybenzone. Sebab dapat menimbulkan ruam dan iritasi pada kulit.

  • Sunscreen untuk kulit kering

Jenis kulit kering harus menggunakan suncsreen yang menawarkan kelembapan. Dengan kandungan ceramide, gliserin, asam hialuronat dan madu dapat memastikan kulit menjadi kenyal, lembut, dan sangat ideal untuk menjaga kandungan air dalam kulit.

  • Sunscreen untuk kulit berminyak

Kulit dengan tipe berminyak harus memilih formula yang ringan dan mattifying. Kandungan tersebut dapat menyerap berlebih sepanjang hari pada bagian kulit Anda.

Pililhlah yang matte finish agar kulit Anda tidak tampak berminyak setelah aplikasi. Formulanya yang tidak berminyak dalam format seperti gel atau lotion gel membuatnya mudah menyatu dengan kulit untuk jenis kulit berminyak.

  • Sunscreen untuk kulit normal

Bagi Anda yang memiliki kulit normal tidak perlu khawatir saat memilih sunscreen. Semua jenis sunscreen bisa digunakan mulai dari organik atau anorganik, gel atau krim.

Kebanyakan, orang yang memiliki kulit normal memilih sunscreen organik karena teksturnya yang elegan. Sunscreen jenis ini juga membuat orang yang memakainya senang karena tidak meninggalkan residu putih.

Maka dari itu, jangan pernah salah dalam memilih sunscreen pada kulit Anda. Menemukan sunscreen yang tepat adalah investasi jangka panjang. Efeknya akan terlihat sepuluh tahun dari pemakaian.

Pertimbangkanlah artikel ini untuk membantu Anda memulai dalam memilih sunscreen. Semoga bermanfaat ya detikers informasi yang telah disampaikan.



Simak Video "Pentingnya Pakai Sunscreen Meski di Rumah Saja"
[Gambas:Video 20detik]
(hnh/row)