Tips Geulis

Simak, Ini Kandungan Skincare yang Boleh Dipakai Bersamaan dan Tidak

Anindyadevi Aurellia - detikJabar
Rabu, 15 Jun 2022 11:22 WIB
Young woman with eyes closed applying face cream.
Ilustrasi (Foto: Getty Images/Aja Koska)
Bandung -

Informasi mengenai skincare atau rangkaian perawatan wajah, kini mudah kita dapatkan. Banyak beauty influencer yang memberikan pengetahuan tentang skincare untuk berbagai macam tipe kulit.

Terkadang ada bahan-bahan skincare yang punya kandungan cukup keras sehingga tidak dianjurkan untuk dipakai dalam tahapan bersamaan. Nah, banyaknya informasi bisa membuat kita jadi bingung, bagaimana sih langkah menggunakan skincare yang tepat?

Kandungan mana yang boleh dicampur dan tidak? Salah satu brand kosmetik asal Bandung, Teratu Beauty, memberikan info terkait penggunaan tahapan skincare yang tepat.


Hyaluronic Acid

Bahan ini berfungsi untuk mengunci kelembapan kulit, sehingga lebih fleksibel dan dapat digunakan bersamaan dengan bahan lain seperti AHA, BHA, Vitamin C, Retinoid, Hyaluronic Acid, dan PHA.

"Usai cuci muka, gunakan toner dengan pH seimbang. Nah, setelah kulit lebih lembab baru gunakan Hyaluronic Acid untuk mengunci kelembapan. Bahan ini tidak akan bisa kalau tanpa pelembab atau dalam keadaan kulit yang kering," ujar Alifah Ratu, pemilik Teratu Beauty.

AHA

AHA berpotensi menimbulkan iritasi jika dilayering dengan sesama produk yang menggunakan AHA, BHA, dan Vitamin C. Sementara, tidak dianjurkan untuk digunakan bersamaan dengan retinoid.

Sebagai seorang beauty influencer dengan latar belakang pendidikan Teknik Perminyakan dan Manajemen Bisnis, Ratu (sapaannya) dengan detail menjelaskan AHA punya kandungan kuat untuk mengeksfoliasi kulit sehingga tak bisa sembarangan dikombinasikan dengan produk kandungan kuat lainnya.

"Bahkan ada orang yang punya kulit sensitif sehingga hanya sanggup di kadar AHA 3%, baru kemudian bisa 5%, atau bekas luka baru tersamar setelah 10%," jelasnya sembari memperagakan penggunaan produk Teratu Beauty.

Vitamin C

Punya peran penting untuk mencegah kulit dari kerusakan jaringan dan mencerahkan kulit. Dengan kandungan yang cukup kuat ini, Vitamin C berpotensi menyebabkan iritasi jika digabungkan dengan AHA, Vitamin C, Retinoid, dan tidak dianjurkan jika dilayering dengan BHA.

"Biasanya untuk kandungan Vitamin C disarankan berjarak, sehingga bisa digunakan untuk keesokan hari atau malam hari. Jika menggunakan produk mengandung AHA BHA di malam hari, bisa gunakan kandungan Vitamin C di pagi hari kemudian gunakan sunscreen sebagai pelindung," ucap MinBeauty, salah satu Beauty Consultant dari Teratu Beauty.



Simak Video "Begal Dikeroyok Warga di Bandung, Disebut Sempat Todongkan Pistol"
[Gambas:Video 20detik]
(aau/tey)