Sidang Quotex

Eksepsi Doni Salmanan Ditolak!

Yuga Hassani - detikJabar
Kamis, 18 Agu 2022 12:24 WIB
Sidang eksepsi Doni Salmanan.
Sidang eksepsi Doni Salmanan di PN Bale Bandung. (Yuga Hassani/detikJabar)
Bandung -

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Bale Bandung menolak nota keberatan atau eksepsi terdakwa kasus dugaan penipuan aplikasi Quotex, Doni Salmanan.

Hal tersebut dibacakan hakim ketua Achmad Satibi saat sidang putusan sela di PN Bale Bandung, Kamis (18/8/2022).

"Menolak eksepsi keberatan penasihat hukum Terdakwa seluruhnya," ujar Satibi.


Hakim menjelaskan, karena eksepsi kuasa hukum ditolak, sesuai Pasal 156 ayat 21 KUHAP, proses hukum perkara ini harus dilanjutkan dengan agenda berikutnya.

"Menetapkan persidangan ini tetap dilanjutkan dengan acara persidangan pembuktian oleh penuntut umum," katanya.

Majelis pun meminta jaksa menghadirkan alat bukti dalam persidangan dalam sidang berikutnya. "Memerintahkan penuntut umum untuk menunjukkan alat bukti persidangan guna membuktikan pengakuan atas diri terdakwa," ucapnya.

Dia menambahkan, untuk biaya perkara, karena kuasa hukum menolak, ditangguhkan pembayarannya sampai putusan akhir.

Sementara itu, hakim menilai JPU tidak mesti mengurai peran Doni Salmanan dalam kasusnya. Hal tersebut mengingat keberatan pada dakwaan JPU yang dinilai tidak jelas dan cermat serta tidak mengurai peran terdakwa.

"Terdakwa berperan sebagai afiliator mengajak dan mempromosikan agar masyarakat tertarik pada aplikasi tersebut. Walaupun tidak diurai peran terdakwa satu orang atau lebih, tidak menjadi dakwaan tidak jelas atau cermat itu tidak mendasar. Jadi keberatan harus ditolak," ucapnya.

Sementara itu, sidang Doni Salmanan akan kembali digelar pada Kamis (25/8/2022). Dalam agendanya, Hakim meminta JPU untuk bisa menghadirkan para saksi.

(orb/orb)