Geng Motor Jadi Kurir Narkoba di Bandung, 3 Kg Sabu Disita

Yuga Hassani - detikJabar
Kamis, 18 Agu 2022 00:30 WIB
Arrested man in handcuffs with handcuffed hands behind back
Ilustrasi (Foto: Istockphoto/BrianAJackson)
Bandung -

Pria berinisial RR (30) dibekuk polisi setelah menyimpan sabu seberat 3 kilogram. Pelaku merupakan ketua geng motor di Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan, pengungkapan ini berawal saat petugas yang melakukan penyelidikan setelah seorang tersangka lain ditangkap.

"Tim melakukan pendalaman keberadaan terhadap tersangka RR dengan melibatkan tim lT kurang lebih selama satu bulan," ujar Kusworo, Rabu (17/8/2022).


Pihaknya menjelaskan polisi langsung melakukan penangkapan ke kontrakan RR di Rancaekek, Kamis (11/8/2022) dan ditemukan sejumlah paket sabu.

"Dipimpin Kasat Narkoba Polresta Bandung melakukan penyergapan tersangka RR didapati saat sedang merecah tiga bungkus paket teh Cina warna hijau bertuliskan QING SHAN di rumah kontrakan dimana didalamnya berisikan kristal putih," katanya.

"Selanjutnya tim melakukan pemeriksaan di TKP menggunakan alat tes narkotik dengan hasil positif, selanjutnya tersangka RR dilakukan interogasi dari mana mendapatkan narkotika tiga bungkus paket (sabu)," jelasnya.

Kusworo mengatakan kasus ini menjadi yang terbesar di Kabupaten Bandung. "Alhamdulillah ini merupakan tangkapan terbesar selama Polresta Bandung berdiri dengan barang bukti sabu sebanyak 3 kilogram sabu," katanya.

Saat ini pihaknya masih mendalami jaringan peredaran narkoba tersebut dan memburu pemasok yang berasal dari luar kota berinisial M.

Kusworo menegaskan pelaku dijerat pasal 114 subsider 112 undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman seumur hidup atau 20 tahun penjara.

(iqk/iqk)