Kabar Nasional

Dalih Bripka RR Ngumpet di Kulkas Saat Brigadir J Tewas Terbantahkan

Tim detikNews - detikJabar
Kamis, 11 Agu 2022 08:42 WIB
Tersangka RR dalam kasus penembakan Brigadir Yoshua adalah Brigadir Ricky Rizal. Siapa sosok Brigadir Ricky Rizal ini? Simak informasi selengkapnya berikut ini.
Tersangka Bripka RR (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Pengakuan Bripka Ricky Rizal atau Bripka RR mengaku ngumpet di kulkas saat insiden penembakan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J terbantahkan. Ricky kini juga ditetap sebagai tersangka.

Ricky ditetapkan tersangka usai tim khusus Polri melakukan pendalaman atas kasus tersebut. Dari pendalaman itu, didapat empat tersangka yang terdiri dari Irjen Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Bripka Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto sebagaimana dilansir detikNews mengatakan Brigadir R dan Kuat juga memberikan kesempatan penembakan itu terjadi. Keduanya juga ikut hadir saat Bharada RE (Richard Eliezer) diarahkan Irjen Ferdy Sambo untuk menembak Yoshua. Ricky dan Kuat pun tidak melaporkan rencana pembunuhan itu.


"Memberi kesempatan penembakan terjadi, ikut hadir bersama Kuat, Richard saat diarahkan FS," kata Agus kepada wartawan, Rabu (10/8/2022).

"Tidak melaporkan rencana pembunuhan itu," tambahnya.

Narasi Ngumpet di Kulkas

Sementara itu terkait narasi ngumpet di kulkas terungkap saat Bripka Ricky diperiksa oleh Komnas HAM. Berdasarkan keterangan dari Komnas HAM, Bripka Ricky turut berada di lokasi kejadian saat Brigadir J tewas.

Setidaknya ada lima orang yang ada di TKP saat Brigadir J tewas. Selain Brigadir J dan Bharada E, disebutkan ada Putri Candrawathi (istri Ferdy Sambo), Bripka Ricky (ajudan), dan S (asisten rumah tangga).

Saat dimintai keterangan awal oleh Komnas HAM, Brigadir Ricky mengaku menyaksikan aksi baku tembak Brigadir J dan Bhadara E. Tetapi dia tidak tahu persis siapa yang sedang baku tembak dengan Yoshua.

Dalam pengakuannya itu, Ricky mendengar istri Ferdy Sambo teriak-teriak meminta tolong dengan memanggil namanya dan Bharada E. Ricky yang saat itu berada satu lantai dengan istri Sambo, berlari menuju ruang utama lokasi istri Sambo berteriak.

Ricky kemudian mengaku melihat Brigadir J sedang mengacungkan senjata ke arah tangga, namun tidak melihat siapa sosok yang dibidik Brigadir J. Saat Brigadir J melepaskan beberapa tembakan ke atas, Ricky langsung bersembunyi di balik kulkas.

"Belakangan dia baru tahu bahwa itu ternyata tembak-tembakan antara Bharada E (dan Yoshua)," jelas Ketua Komnas HAM Taufan Damanik saat menceritakan ulang pengakuan Ricky.



Simak Video "Penampakan Bharada Richard Eliezer dkk Berbaju Tahanan"
[Gambas:Video 20detik]