Kabar Nasional

Tulisan Bharada E Antar Irjen Ferdy Sambo Jadi Tersangka

Tim detikJabar - detikJabar
Selasa, 09 Agu 2022 22:05 WIB
Mako Brimob Adalah Apa? Tempat Ferdy Sambo Kini Diisolasi
Irjen Ferdy Sambo (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Irjen Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J. Terungkap, Bharada E menuliskan sendiri kronologi insiden horor tersebut.

"Ada hal yang menonjol pada saat melaksanakan pemeriksaan khusus ini terhadap Bharada RE. Yang bersangkutan pada saat dilaksanakan pemeriksaan mendalam, ingin menyampaikan unek-unek, dia ingin menulis sendiri. 'Tidak usah ditanya, Pak, saya menulis sendiri'," ujar Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto dalam konferensi pers yang disiarkan langsung detikcom, Selasa (9/8/2022).

"Yang bersangkutan menulis dari awal bahwa dia melakukan adalah yang bersangkutan dengan dilengkapi cap jempol dan meterai," kata Agung menambahkan.


Dari hal tersebut, sambung Agung, tim khusus bentukan Kapolri mengindikask adanya unsur pidana. Sehingga, perkara itu dilimpahkan ke Bareskrim Polri.

"Maka kita limpahkan pada Bareskrim Polri untuk melakukan tindakan penyidikan lebih lanjut termasuk juga pada Bripka RR pada saat dilaksanakan pemeriksaan khusus juga demikian, adanya dugaan tindak pidana makanya kami juga limpahkan kepada Bareskrim Polri untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," ujar eks Kapolda Jabar tersebut.

Usai pemeriksana terhadap Bharada E dan Bripka RR dilakukan, tim khusus juga turut memeriksa Irjen Ferdy Sambo. Pemeriksaan dilakukan langsung di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok. Diketahui, Sambo ditindak dengan dibawa ke Mako Brimob akhir pekan lalu.

"Kemudian kemarin kami melapor pada Bapak Kapolri bahwa Timsus seluruhnya melaksanakan pemeriksaan mendalam kepada FS di Mako Brimob. Saat dilakukan pemeriksaan mendalam maka juga ditemukan bukti yang cukup bahwa FS melakukan tindak pidana, maka tadi Pak Kapolri sudah menyampaikan setelah dilakukan gelar perkara sudah ditetapkan sebagai tersangka," kata Agung.

Sebagai informasi, Brigadir J tewas usai menerima sekitar 7 luka tembakan.. Peristiwa itu terjadi pada Jumat (8/7) di rumah dinas Kadiv Propam Polri di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jaksel.

Empat orang jadi tersangka kasus tersebut. Selain Ferdy Sambo, tersangka lainnya yakni Bharada E, Bripka RR dan KM. Mereka dijerat pasal pembunuhan berencana.



Simak Video "Irjen Ferdy Sambo Terancam Hukuman Mati"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)