Kabar Nasional

Roy Suryo Ditahan!

Tim detikNews - detikJabar
Jumat, 05 Agu 2022 23:27 WIB
Momen Roy Suryo dimasukkan ke Rutan Polda Metro Jaya
Momen Roy Suryo dimasukkan ke Rutan Polda Metro Jaya (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menahan Roy Suryo usai ditetapkan sebagai tersangka kasus ujaran kebencian dan penistaan agama berkaitan unggahan stupa Borobudur. Dalam kasus ini Roy Suryo dijerat dengan sejumlah pasal.

Dikutip dari detikNews, Jumat (5/8/2022), polisi melakukan penahanan karena khawatir Roy Suryo menghilangkan barang bukti. "Hal ini (penahanan) dilakukan karena ada kekhawatiran dari penyidik yang bersangkutan akan menghilangkan barang bukti dan sebagainya sebagaimana tertuang dalam pasal 21 ayat 1 KUHAP," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan.

"Penyidik memutuskan mulai malam ini terhadap Roy Suryo Motodiprojo sebagai tersangka ujaran kebencian ini mulai dilakukan penahanan," kata Zulpan menambahkan.


Roy Suryo dijerat Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 2 Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE. "Ancamannya adalah paling lama 6 tahun penjara atau denda Rp 1 miliar," kata Zulpan.

Selain itu, Roy juga dijerat Pasal 156 A KUHP dengan ancaman pidana 5 tahun penjara. "Ketiga, Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dengan hukuman penjara setinggi-tingginya 2 tahun penjara," tutur Zulpan.

(bbn/bbn)