Sidang Kasus Hoaks

Bacakan Pledoi Habib Bahar, Pengacara: Tuntutan 5 Tahun Sangat Zalim

Dony Indra Ramadhan - detikJabar
Kamis, 04 Agu 2022 22:45 WIB
Kepalan tangan Habib Bahar bin Smith  usia dituntut 5 tahun penjara
Foto: Habib Bahar bin Smith usai menghadiri sidang tuntutan pekan lalu (Dony Indra Ramadhan/detikJabar).
Bandung -

Kuasa hukum habib Bahar bin Smith meminta hakim membebaskan Bahar. Mereka menilai tuntutan 5 tahun yang diberikan jaksa tak proporsional.

"Mohon kiranya kepada majelis hakim yang mulia menyatakan terdakwa habib Bahar tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah. Memerintahkan terdakwa habib Bahar bin Smith segera dibebaskan dari tahanan," ucap Ichwan Tuankotta kuasa hukum Bahar.

Hal itu sebagaimana nota pembelaan atau pleidoi yang disampaikan pengacara Bahar dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Kamis (4/8/2022).


"Apabila majelis hakim mendapat keyakinan lain, mohon kiranya majelis hakim yang mulia menjatuhkan hukuman yang seringan-ringannya dan seadil-adilnya," tutur dia.

Ichwan menyatakan Bahar memang menjadi penceramah dalam acara Maulid Nabi yang berlangsung di Kampung Cibisoro, Margaasih, Kabupaten Bandung akhir tahun lalu. Namun, pihaknya menilai ada beberapa hal yang ganjal dalam dakwaan hingga proses persidangan.

Salah satu yang disorot terkait dampak keonaran akibat ceramah Bahar. Menurut dia, hal itu tidak dapat dijadikan dasar keonaran lantaran hanya 4 orang saja yang gaduh usai ceramah Bahar.

"Pasca ceramah, di lokasi tidak ada kerusuhan, kegaduhan dan keributan," katanya.

Oleh karena itu, dia menilai tuntutan yang diberikan jaksa terhadap Bahar tidak rasional. Bahkan cenderung tak proporsional.

"Bahwa tuntutan pidana penjara selama 5 tahun yang disampaikan jaksa penuntut umum merupakan tuntutan yang sangat zalim, tidak proporsional,"tuturnya.