Polisi Ungkap Detik-detik Anggota XTC Keroyok Bikers di Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikJabar
Rabu, 27 Apr 2022 13:23 WIB
Tangkapan layar video penganiayaan viral.
Anggota XTC keroyok bikers di Bandung (Foto: Istimewa).
Bandung -

Polisi meringkus anggota XTC yang terlibat pengeroyokan bikers di Bandung. Dalam aksinya, para pelaku menganiaya korban saat sedang konvoi.

Insiden pengeroyokan tersebut terjadi pada 22 April 2022 lalu di pertigaan Jalan Ambon-Jalan Banda, Kecamatan Bandung Wetan. Awalnya, kelompok bermotor tersebut melakukan konvoi.

"Dugaan kelompok motor XTC itu berkonvoi. Ketika itu, kelompok motor ini merasa terhalangi oleh korban konvoinya," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Rabu (27/4/2022).


Lantaran merasa konvoinya terganggu, sambung Aswin, sejumlah peserta konvoi spontan melakukan penganiayaan terhadap korban yang diketahui masih berstatus pelajar.

"Nah karena terhalangi tiba-tiba saja mereka spontan langsung memukuli korban di TKP tersebut, ada yang menendang dan memukul sampai korban terjatuh," tutur dia.

Usai aksi pengeroyokan bersama-sama itu, para pelaku langsung meninggalkan lokasi lagi. Mereka melanjutkan konvoi bersama peserta lainnya.

"Para pelaku ini langsung mengendarai sepeda motornya dan melanjutkan perjalanannya meninggalkan TKP," kata dia.

Aksi mereka kemudian terekam kamera warga dan viral di media sosial (medsos). Di saat bersamaan, korban juga membuat laporan polisi ke Polsek Bandung Wetan.

Polisi bergerak melakukan penyelidikan. Hingga akhirnya polisi mengendus pelaku yang jumlahnya empat orang. Dari empat orang yang ditangkap, tiga di antaranya masih di bawah umur.

"Terhadap empat tersangka yang saat ini sudah dilakukan penahanan," katanya.

Seperti diketahui, segerombolan orang menggunakan atribut diduga geng motor melakukan konvoi di Kota Bandung. Bahkan gerombolan itu sampai menganiaya pengguna kendaraan lain.

Insiden tersebut terekam kamera yang kemudian videonya viral di media sosial (medsos). Sebagaimana dilihat detikJabar pada Sabtu (24/4/2022), terlihat awalnya segerombolan orang bermotor berkonvoi di jalan. Informasi dihimpun, mereka berkonvoi di jalanan Kota Bandung.

Video kemudian memperlihatkan aksi sejumlah orang yang tengah mengerubungi pemotor. Gerombolan itu terlihat melakukan penganiayaan terhadap pria pengendara sepeda motor.

Penganiayan dilakukan secara brutal. Satu persatu dari gerombolan itu turun dari motor dan memukul pria tersebut. Bahkan, saat pria itu sudah tersungkur, gerombolan tersebut masih terus melakukan penganiayaan.

(dir/mso)