Momen OC Kaligis Wajib Lapor ke Bapas Bandung Usai Bebas

Dony Indra Ramadhan - detikJabar
Rabu, 23 Mar 2022 11:49 WIB
Momen advokat senior OC Kaligis lakukan wajib lapor ke Bapas Bandung
Momen advokat senior OC Kaligis lakukan wajib lapor ke Bapas Bandung (Foto: istimewa)
Bandung -

Advokat senior OC Kaligis sudah bebas dari Lapas Sukamiskin lantaran mendapat cuti menjelang bebas. Usai bebas, OC Kaligis wajib lapor ke Balai Pemasyarakatan (Bapas) Bandung.

Pengacara bernama lengkap Otto Cornelis Kaligis itu melakukan wajib lapor ke Bapas Bandung yang berada di Jalan Ibrahim Adjie, Kota Bandung pada Rabu (23/3/2022). Mengenakan pakaian resmi, ayah dari artis Velove Vexia tersebut datang menemui pembimbing pemasyarakatan.

"Beliau sudah datang melapor jam 08.45 WIB," ujar pembimbing Bapas Bandung Pius kepada detikJabar.


Pius mengatakan Kaligis datang wajib melapor ditemani anaknya yang pengacara. OC Kaligis datang hanya sebentar untuk wajib lapor saja.

"Sebentar saja kok. Hanya pendataan kan untuk pertama kalinya datang," tutur dia.

Pius menambahkan proses wajib lapor sendiri akan dilakukan oleh OC Kaligis hingga tiga bulan ke depan. Wajib lapor dilakukan secara langsung maupun virtual. Adapun untuk wajib lapor langsung dilakukan dua pekan sekali.

"Sampai tanggal 6 Mei 2022, dua Minggu sekali (wajib lapor langsung) sampai bebas murni," katanya.

Sebagai pembimbing, pihak Bapas juga meminta agar OC Kaligis tak melakukan kegiatan mencolok selama di luar. Ancamannya, program cuti dicabut dan OC Kaligis bisa kembali dibui.

"Saya sampaikan ke Pak OC itu jangan melakukan kegiatan yang mencolok, istilahnya mah tiarap saja sehingga tidak menarik perhatian dan rajin lapor dua Minggu sekali," tutur dia.

Seperti diketahui, OC Kaligis ditangkap KPK usai terbukti menyuap hakim PTUN Medan. OC Kaligis divonis 10 tahun penjara.

Akan tetapi, Mahkamah Agung (MA) menyunat hukuman OC Kaligis dari 10 tahun penjara menjadi 7 tahun penjara. Putusan itu diketok olah Wakil Ketua MA Syarifuddin dengan anggota Surya Jaya dan LL Hutagalung. Menurut mereka, bila OC Kaligis tetap dihukum 10 tahun penjara, maka ia baru bisa keluar penjara di usia 84 tahun.

OC Kaligis kemudian dibebaskan dari Lapas Sukamiskin. Dia mendapatkan cuti menjelang bebas.



Simak Video "4 Orang Komplotan Curanmor Bandung Diamankan, 15 Motor Disita"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/yum)