Round-Up

Akhir Kasus OC Kaligis yang Kini Tak Lagi Huni Lapas Sukamiskin

Dony Indra Ramadhan - detikJabar
Minggu, 20 Mar 2022 08:00 WIB
PN Jaksel mengadakan mediasi atas gugatan perdata OC Kaligis terhadap Kejagung yang menyeret nama Novel Baswedan. Hasilnya, mediasi tersebut deadlock atau gagal.
OC Kaligis (Foto: Grandyos Zafna/detikcom).
Bandung -

Advokat senior Otto Cornelis Kaligis atau karib disapa OC Kaligis menghirup udara bebas. Dia telah keluar dari Lapas Sukamiskin usai mendapatkan program cuti menjelang bebas (CMB).

"Dia menjalani program cuti menjelang bebas," ucap Kalapas Sukamiskin Elly Yuzar saat dihubungi, Sabtu (19/3/2022).

OC Kaligis mulai bebas untuk menjalani CMB sejak Selasa (15/3) lalu. Menurut Elly, dengan mengikuti CMB ini, OC Kaligis saat ini sudah tak berada lagi di Lapas Sukamiskin.


"Statusnya sudah klien, bukan WBP (warga binaan pemasyarakatan/Napi) lagi," kata dia.

Meski saat ini tengah menjalani CMB, Elly mengatakan OC Kaligis tetap dalam pengawasan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Bandung. OC Kaligis sendiri saat ini sudah tak lagi harus kembali ke Sukamiskin.

"Jadi selama di luar beliau berada dalam pengawasan dari Bapas Bandung," kata dia.

Elly menambahkan lama program CMB yang dijalani oleh OC Kaligis selama remisi terakhir yang dia terima yakni 3 bulan. OC Kaligis sendiri sebelumnya menerima remisi usai PP 99 atau pengetatan remisi koruptor dibatalkan Mahkamah Agung (MA).

"OC Kaligis itu beliau sedang menjalani cuti menjelang bebas, itu sebanyak remisi terakhir, kalau remisi terakhir itu kan berarti tiga bulan, yang pasti dia menjalani cuti menjelang bebas," tuturnya.

Meski saat ini ayah dari artis Velove Vexia itu tak lagi menjadi napi Tipikor, gerak gerik OC Kaligis tetap diawasi. Selama menjalani cuti, OC Kaligis diawasi langsung oleh Balai Pemasyarakatan (Bapas) Bandung. Dia juga wajib lapor kepada pembimbing Bapas Bandung.

"Selama pandemi wajib lapornya masih video call. Tapi nanti ada lapor langsungnya minggu depan. Wajib lapor langsungnya dua minggu sekali," ucap Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Bapas Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jawa Barat Budiana.

Budiana menuturkan OC Kaligis mengikuti cuti menjelang bebas selama tiga bulan. Dia mengatakan selama cuti, OC Kaligis memang tak kembali ke Lapas Sukamiskin namun tetap diawasi pembimbing Bapas Bandung.

"Dia di Jakarta, cuma dimonitor terus sama pembimbingnya," tutur dia.

Budiana menuturkan tak ada larangan spesifik bagi OC Kaligis selama menjalani cuti. Dia bebas ke luar kota asal melapor namun tak boleh keluar negeri.

Begitu juga untuk aktivitas di masyarakat. Menurut Budiana, OC Kaligis sudah bisa beraktivitas normal seperti biasa bahkan menjadi Advokat sekalipun.

"Tidak ada larangan beraktivitas di masyarakat, cuma harus taat prokes dan wajib lapor," katanya.

Seperti diketahui, OC Kaligis ditangkap KPK usai terbukti menyuap hakim PTUN Medan. OC Kaligis divonis 10 tahun penjara.

Akan tetapi, Mahkamah Agung (MA) menyunat hukuman OC Kaligis dari 10 tahun penjara menjadi 7 tahun penjara. Putusan itu diketok olah Wakil Ketua MA Syarifuddin dengan anggota Surya Jaya dan LL Hutagalung. Menurut mereka, bila OC Kaligis tetap dihukum 10 tahun penjara, maka ia baru bisa keluar penjara di usia 84 tahun.

(dir/mso)