Atap Gedung Merdeka Akan Dibongkar Total November

Rifat Alhamidi - detikJabar
Kamis, 06 Okt 2022 02:00 WIB
Renovasi Gedung Merdeka, Bandung.
Renovasi Gedung Merdeka, Bandung (Foto: Rifat Alhamidi)
Bandung -

Gedung Merdeka Bandung tengah direnovasi usai viral di media sosial mengalami kebocoran di bagian atapnya. Kini, beberapa plafon atap sudah mulai dibongkar untuk kebutuhan renovasi gedung yang menjadi saksi sejarah Konferensi Asia Afrika (KAA) tersebut.

Pejabat Pembuat Komitmen Pemugaran Gedung Merdeka Ujang A Mukarom menjelaskan, pembongkaran total atap Gedung Merdeka baru bisa dilakukan pada November 2022. Pasalnya, bakal ada agenda kenegaraan dari MPR RI yang dilakukan pada akhir Oktober 2022.

"Pembongkaran atapnya baru dilakukan di awal November karena acara MPR tetap dilaksanakan di Gedung Merdeka. Jadi untuk pembongkaran dan pemasangan atap, kita baru bisa lakukan setelah acara itu selesai," kata Ujang saat dikonfirmasi detikJabar via telepon, Rabu (5/10/2022).


Agenda MPR RI diketahui akan mengundang delegasi negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) atau Organisation of Islamic Cooperation (OIC). Meski ada acara tersebut, Ujang memastikan target renovasi atap Gedung Merdeka tidak terganggu.

"Masih sesuai dengan target, karena sudah diantisipasi dari awal oleh kita. Sekarang pekerjaannya masih rendah, baru pembongkaran plafon sama perbaikan dinding yang mulai keropos," ucapnya.

Pembongkaran plafon atap Gedung Merdeka kini juga sudah dilakukan di 4 dari 7 ruangan VIP sayap barat gedung tersebut. Sementara 3 ruangan VIP utama, rencananya bakal digunakan untuk kegiatan MPR RI.

"Plafon yang dibongkar baru di ruangan 4, 5, 6 sama 7. Sama perbaikan musala. Kalau yang ruang VIP untuk MPR, itu kita tidak bongkar dulu sebelum acaranya selesai. Jadi setelah acaranya beres, baru perbaikan total atapnya kita lakukan," katanya.

Sebagaimana diketahui, Pemprov Jawa Barat tengah merenovasi Gedung Merdeka, Kota Bandung yang baru ini viral di media sosial karena mengalami kebocoran. Pemprov menargetkan proyek renovasi itu dari September dan bisa rampung pada Desember 2022.

Setelah mengantongi rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya dan menyiapkan anggaran Rp 4,1 miliar, proyek renovasi atap Gedung Merdeka akhirnya dikerjakan.

Namun, Pemprov Jabar memiliki kendala untuk bisa mengebut proyek renovasi bangunan ikonik di Kota Bandung itu. renovasi ini pun kini dipusatkan terhadap atap gedung yang memang sudah lama tak kunjung mendapat sentuhan pembangunan.

(ral/yum)