Ada 2 Agenda Negara di Tengah Perbaikan Atap Gedung Merdeka

Rifat Alhamidi - detikJabar
Kamis, 22 Sep 2022 18:38 WIB
Renovasi Gedung Merdeka, Bandung.
Renovasi Gedung Merdeka, Bandung. (Foto: Rifat Alhamidi)
Bandung -

Pemprov Jawa Barat tengah merenovasi Gedung Merdeka, Kota Bandung yang baru ini viral di media sosial karena mengalami kebocoran. Pemprov menargetkan proyek renovasi itu dari September dan bisa rampung pada Desember 2022.

Setelah mengantongi rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya dan menyiapkan anggaran Rp 4,1 miliar, proyek renovasi atap Gedung Merdeka akhirnya dikerjakan. Namun, Pemprov Jabar memiliki kendala untuk bisa mengebut proyek renovasi bangunan ikonik di Kota Bandung itu.

"Rencananya, kami mau tutup dulu Gedung Merdeka selama proses renovasi dilakukan. Tapi, kami masih berkoordinasi dengan pemerintah pusat karena akan ada 2 agenda nasional yang mau dilakukan di Gedung Merdeka," kata Pejabat Pembuat Komitmen Pemugaran Gedung Merdeka Ujang A Mukarom saat ditemui detikJabar, Kamis (22/9/2022).


Dua agenda itu kata Ujang, pelaksanaan Hari Museum Nasional dan pertemuan MPR RI yang mengundang delegasi negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) atau Organisation of Islamic Cooperation (OIC). Untuk Hari Museum Nasional, sudah dipastikan lokasi acaranya akan dipindah ke Gedung Sate.

"Harusnya ditutup dulu karena sudah ada agenda di awal. Untuk Hari Museum Nasional, sudah fix dipindahkan ke Gesat (Gedung Sate), tinggal yang MPR yang belum pasti pelaksanaanya akan di mana," tuturnya.

Ujang menjelaskan, pertemuan anggota MPR RI akan digelar pada bulan depan. Pemprov sudah mengirim surat permohonan supaya agenda kenegaraan itu bisa dipindah ke Gedung Sate, lantaran kondisi Gedung Merdeka saat ini dalam tahap perbaikan.

"Acara MPR rencananya bulan depan. Kita sudah berkirim surat, mudah-mudahan tempat acaranya bisa untuk dialihkan yah ke Gesat juga," katanya.

Sebagaimana diketahui, sebuah video yang menunjukan kondisi Gedung Merdeka, Kota Bandung mengalami kebocoran viral di media sosial. Kini, Gedung Merdeka sudah mendapat renovasi dari Pemprov Jabar untuk memperbaiki sejumlah ruangan yang memang telah lama tak kunjung mendapat sentuhan pembangunan.

detikJabar berkesempatan memantau secara langsung kondisi terkini Gedung Merdeka, Kota Bandung. Berdasarkan pantauan, Kamis (22/9/2022), sudah ada 3 dari 7 ruangan di sayap barat Gedung Merdeka yang telah dibongkar bagian atapnya lantaran kerap menimbulkan bocor apalagi saat hujan.

(ral/yum)