Motif Batik Cimahi yang Tak Banyak Dikenali Orang

Motif Batik Cimahi yang Tak Banyak Dikenali Orang

Whisnu Pradana - detikJabar
Minggu, 02 Okt 2022 08:00 WIB
Melihat Koleksi Batik Khas Cimahi di Galeri Lembur Batik Cimahi
Melihat Koleksi Batik Khas Cimahi di Galeri Lembur Batik Cimahi (Foto: Whisnu Pradana/detikJabar)
Cimahi -

Khazanah kekayaan budaya tanah air banyak yang bikin iri negara lain, salah satunya batik. Sejak 2 Oktober 2009 batik sudah ditetapkan menjadi salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Batik awalnya merupakan sebuah kesenian yang sudah ada sejak zaman kerajaan masih menguasai Indonesia. Kesenian batik adalah seni menggambar di atas kain yang hasilnya dijadikan pakaian keluarga raja-raja.

Di Indonesia sekarang, ada sejumlah daerah yang sudah tenar punya batik dengan motif yang cantik dan sarat makna. Misalnya Cirebon, Solo, Pekalongan, Yogyakarta, Bali, dan daerah lainnya di Indonesia.


Namun siapa sangka kalau Cimahi, sebuah kota kecil yang bertetangga dengan Kota Bandung sebagai jantungnya Jawa Barat juga punya batik khas daerahnya sendiri. Tentu saja kalah pamor dibandingkan dengan batik-batik daerah daerah yang telah disebutkan di atas.

Triwanto Wardi (54), merupakan sosok pria yang saat ini fokus mengembangkan batik khas Cimahi. Upaya itu dilakukan Triwanto lewat Galeri Lembur Batik miliknya di Jalan Bumi Prima Raya, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi.

"Secara akar Cimahi tidak punya batik, beda dengan Yogya, Solo, Pekalongan, istilahnya nenek moyangnya batik. Kalau batik Cimahi yang ada sekarang ini memang sengaja dibuat," ungkap Triwanto kepada detikJabar, Jumat (30/9/2022).

Batik khas Cimahi sendiri lahir dari gagasan Atty Suharti, istri Wali Kota Cimahi yang menjabat kala itu yakni almarhum Itoc Tochija. Pada 2009 Atty yang menjabat sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Cimahi ingin daerah dengan tiga kecamatan itu punya batik khasnya sendiri.

"Jadi 2009 itu Bu Atty ingin Cimahi punya batik dengan ciri khasnya sendiri. Akhirnya mengumpulkan tokoh dan sesepuh Cimahi, apa yang harus diangkat untuk jadi motif batik Cimahi. Nah setelah ada kesimpulan, salah satu motifnya itu Cireundeu," kata Triwanto.

Triwanto sebagai pengusaha digandeng oleh Pemkot Cimahi untuk menuangkan ide tersebut menjadi sebuah produk. Di Galeri Lembur Batik, saat ini mejeng kain batik khas Cimahi dengan beragam motif yang menarik untuk dikoleksi dan dimiliki.

"Jadi kita (pengusaha) diundang Pemkot Cimahi untuk belajar tentang batik. Jadi yang tadinya hanya sekedar ide yang dituangkan di kertas sekarang bisa diproduksi menjadi kain batik," ucap Triwanto.



Simak Video "Wanita Indonesia Ini Konsisten Kenalkan Batik ke Dunia"
[Gambas:Video 20detik]