Penyanyi Rita Tila Borong Penghargaan di Bandung Music Awards

Penyanyi Rita Tila Borong Penghargaan di Bandung Music Awards

Sudirman Wamad - detikJabar
Sabtu, 10 Sep 2022 08:41 WIB
Bandung Music Awards
Penyanyi Rita Tila borong penghargaan di Bandung Music Awards (Foto: Sudirman Wamad)
Bandung -

Yayasan Bandung Mahakarya Abadi menginisiasi Bandung Music Awards (BMA) yang digelar di Sabuga ITB. Acara pemberian penghargaan terhadap para musisi itu untuk pertama kalinya digelar di Bandung.

Sejumlah musisi asal Bandung, pengamat dan perwakilan rumah produksi musik tersohor hadir. BMA memberikan penghargaan melalui 13 kategori nominasi. Mulai dari rock, metal, musisi Sunda, pop Sunda, dangdut, R&B, life time achievement dan genre lainnya.

Ketua Yayasan Bandung Mahakarya Abadi, Dudi Sunardi Nay, mengatakan BMA hadir sebagai ruang untuk mengapresiasi karya musik nasional. BMA juga diharapkan bisa menjadi stimulus agar insan musik terus berkarya.

"Kami ingin memberikan penghargaan untuk musisi yang berkiprah di nasional. Penghargaan ini diharapkan dapat menstimulus musisi-musisi untuk terus berkarya, berkarya, dan berkarya," kata Dudi, Jumat (9/9/202) malam.


"Ini penting untuk diketahui. BMA juga berusaha menstimulus regenerasi musisi-musisi di Indonesia. Kenapa yang paling bergengsi penyanyi pendatang baru? Karena agar penghargaan itu bisa memotivasi penyanyi muda untuk terus melahirkan karya luar biasa," ucap Dudi menambahkan.

Bandung Music AwardsBandung Music Awards Foto: Sudirman Wamad

Sejumlah musisi muda masuk dalam kategori penghargaan BMA, bahkan beberapa di antaranya berhasil meraih penghargaan. Salah satunya Rizky Febian yang menyabet penyanyi solo populer kategori.

Anak dari komedian Sule itu juga menyabet kategori penyanyi duo atau grup vokal jazz. Selain Rizky Febian, ada nama musisi muda lainnya yang juga masuk nominasi, seperti Yura Yunita, Dere, Ndarboy Genk dan lainnya.

Band Rocket Rockers dan Kuburan Band juga berhasil menyabet kategori karya produksi terpopuler. Musisi lainnya yang juga meraih penghargaan adalah Rita Tila. Penyanyi pop Sunda yang memborong tiga penghargaan di BMA. Rita Tila meraih penghargaan kategori pop sunda, grup pop Sunda, dan kategori musisi Sunda.

Rita Tila mengaku bersyukur bisa memborong penghargaan di acara bergengsi bagi musisi di Bandung. Penyanyi pop Sunda itu mengaku harus terus menjaga performa terbaiknya.

"Pengin nangis, alhamdulillah bersyukur," kita Rita Tila usai menerima penghargaan di BMA.

Rita Tila juga berharap kesenian Sunda bisa terus dilestarikan. Ia mengaku bangga dengan perjuangannya melestarikan kesenian Sunda. Menurutnya, saat ini peluang untuk melestarikan kesenian Sunda, salah satunya pop Sunda sangat terbuka. Akses informasi yang begitu luas salah satunya.

"BMA ini baru pertama kali. Dan, acaranya bagus banget. Saya merasa ini sebuah prestisius untuk seniman. Ini juga sebagai pemicu kreator seni untuk terus berkarya, berinovasi dan lainnya," kata Rita Tila.

(sud/yum)