Jejak Kehidupan Purba di Jawa Barat

Misteri Hilangnya Peradaban Maju di Situs Megalitikum Gunung Padang

Ikbal Selamet - detikJabar
Jumat, 19 Agu 2022 19:00 WIB
Situs Gunung Padang Cianjur
Situs Gunung Padang Cianjur (Foto: Ikbal Selamet/detikJabar)
Cianjur -

Situs Megalitikum Gunung Padang masih menyimpan banyak misteri. Salah satunya ialah hilangnya peradaban maju yang membangun situs berusia 5200 sebelum masehi (SM) tersebut.

Arkeolog Sekaligus Tim Terpadu Riset Mandiri Gunung Padang Ali Akbar, mengatakan situs dengan luas 291.800 meter persegi yang berlokasi di Kampung Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka ini merupakan bukti kemajuan ilmu pengetahuan dan peradaban di masa lalu.

Menurut Ali, arsitektur dan tata letak Gunung Padang penuh dengan perhitungan yang luar biasa.


"Gunung Padang ini berada di tengah antaran beberapa gunung di sekelilingnya, seperti Gunung Karuhun dan Gunung lainnya. Gunung yang mengelilingi ini menjadi pintu masuk menuju Gunung Padang," kata dia, Jumat (19/8/2022).

Tidak hanya itu Gunung Padang juga ternyata mengarah pada Gunung Gede Pangrango di sebelah utara. Bahkan perhitungan arahnya sangat tepat, dimana Gunung Gede sebenarnya tidak persis berada di nol derajat arah utara, dan Gunung Padang sengaja diarahkan sesuai garis lurus dengan Gunung Gede Pangrango.

"Gunung Gede itu sebenarnya condong 15 derajat ke arah Barat Laut. Dan teras Gunung Padang juga ditambah tumpukan tanah pada lerengnya sehingga bentuk bangunannya persis menghadap Gunung Gede Pangrango, ini tentu bukan hal mudah, ini suatu perhitungan dan ilmu arsitektur yang luar biasa," kata dia.

Situs Gunung Padang CianjurSitus Gunung Padang Cianjur Foto: Ikbal Selamet/detikJabar

Dia juga menegaskan jika Situs Gunung Padang memang dibuat oleh manusia. Bebatuan kekar kolom (coloumnar joint) dengan bentuk persegi lima memanjang disusun dan bukan terbentuk secara alami.

"Bebatuannya alami, tapi dibangunnya oleh manusia. Terlihat dari struktur bangunan, kalau alami antara lapisan paling atas dengan lapisan tua yang terkubur di bawah tanah tidak akan ada sekarang tumpukan tanah, tapi Gunung Padang memiliki sekar gundukan tanah di masing-masing gundukan yang dibangun di beberapa zaman," kata dia.

Menurutnya arsitektur dan tata letak tersebut membuktikan jika nenek moyang di Cianjur memiliki peradaban dan ilmu pengetahuan yang maju.

"Tentu ini harus dibangun oleh peradaban maju, karena arsitektur dan tata letak penuh perhitungan," kata dia.

Peradaban Maju yang Hilang Misterius

Namun, lanjut dia, peradaban maju tersebut hilang secara misterius. Tidak ditemukan jejak apapun terkait peradaban masyarakat yang membangun Situs Megalitikum Gunung Padang.

"Yang tersisa hanya bangunan istimewa ini. Untuk jejak peradabannya hilang, sama seperti hilangnya peradaban kerajaan lain di Indonesia. Semuanya hilang secara misterius," kata dia.

Situs Gunung Padang CianjurSitus Gunung Padang Cianjur Foto: Ikbal Selamet/detikJabar

Ali berharap pemerintah kembali melakukan ekskavasi di Gunung Padang untuk mengungkap berbagai hal yang masih menjadi misteri

"Masih banyak misteri yang belum terungkap, mulai dari diduga adanya ruangan di bawah struktur bangunan, usia struktur paling dasar, hingga hilangnya peradaban maju yang membuat situs ini. Kami berharap kalau ekskavasi diteruskan, misteri itu bisa terungkap," pungkasnya.

(yum/yum)