Selamat Hari Kucing Sedunia! Sejarah dan Cara Memperingatinya

Muhammad Fadhil Raihan - detikJabar
Senin, 08 Agu 2022 13:42 WIB
Ilustrasi anak kucing
Ilustrasi Kucing (Foto: iStock/skynesher)
Bandung -

Tanggal 8 Agustus diperingati sebagai International Cat Day atau Hari Kucing Sedunia. Peringatan ini dilakukan untuk memberi penghormatan pada salah satu hewan peliharaan paling populer di dunia.

Kucing merupakan hewan yang memiliki sejarah panjang sejak masa Mesir Kuno. Kini, kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang dijadikan teman oleh manusia.

Pada peringatan Hari Kucing ini, pecinta hewan dapat melakukan berbagai hal untuk turut menyejahterakan kucing. Selain itu, peringatan ini juga dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai animal welfare, khususnya pada kucing.


Sejarah Hari Kucing Sedunia

Dilansir dari Daysoftheyear.com, peringatan Hari Kucing Sedunia pertama kali dicetuskan pada tahun 2002 oleh International Fund for Animal Welfare (IFAW). IFAW merupakan salah satu organisasi kesejahteraan hewan terbesar di dunia.

Kemudian pada tahun 2020, Hari Kucing Sedunia ini diteruskan oleh International Cat Care. International Cat Care merupakan organisasi asal Inggris yang fokus terhadap kesejahteraan kucing.

Kini, setiap tanggal 8 Agustus menjadi hari yang istimewa untuk kucing. Untuk membuatnya semakin istimewa, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Kucing Internasional.

Merayakan Hari Kucing Sedunia

Peringatan Hari Kucing ini dapat dimeriahkan dengan melakukan berbagai cara untuk menyejahterakan kucing. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan.

1. Memberi Donasi ke Badan Amal Kucing

Hari Kucing Sedunia merupakan waktu yang tepat untuk menyisihkan sedikit pendapatan pada badan amal kucing. Donasi tersebut dapat membantu tempat penampungan kucing untuk memberikan perawatan dan pemeliharaan pada kucing-kucing yang kurang diperhatikan.

2. Menjadi Relawan di Cat Shelter

Selain menyumbang uang, pecinta kucing juga dapat menyumbangkan tenaganya untuk menjadi relawan di tempat penampungan kucing. Hal tersebut dapat membantu Cat Shelter untuk memberikan pelayanan yang lebih komprehensif pada kucing. Selain itu, menjadi relawan juga dapat memberikan kesempatan untuk bermain bersama kucing.

3. Mengadopsi Kucing

Apabila pecinta kucing memiliki waktu, energi, dan uang yang cukup maka adopsi kucing dapat menjadi salah satu opsi untuk merayakan Hari Kucing Sedunia. Mengadopsi kucing dapat membantu menyejahterakan kucing dengan catatan memperhatikan aspek-aspek animal welfare dalam memelihara kucing.

4. Memeriksakan Kucing ke Dokter Hewan

Hari Kucing Sedunia juga dapat menjadi waktu yang tepat untuk memeriksakan kesehatan kucing pada Dokter Hewan. Hal tersebut dapat menjadi cara untuk memastikan bahwa kucing yang dipelihara sehat dan bahagia.

5. Manjakan Kucing

Hari Kucing Sedunia ini merupakan momen yang tepat untuk memanjakan kucing. Pecinta kucing dapat membelikan makanan istimewa, tempat tidur baru, atau mainan baru. Pecinta kucing juga dapat menyisihkan waktu lebih banyak untuk memanjakan kucing.

(iqk/iqk)