Jelajah Kastil Bergaya Rusia-Turki di Subang yang Bikin Betah

Cornelis Jonathan Sopamena - detikJabar
Minggu, 07 Agu 2022 08:00 WIB
DCastello Subang, objek wisata baru di Subang
D'Castello. (Foto: Istimewa)
Bandung -

Subang memiliki daya tarik wisata yang tidak kalah indahnya dibandingkan kawasan Bandung Utara seperti Lembang dan Punclut (Puncak Ciumbuleuit). Daya tarik tersebut dapat ditemukan di D'Castello, Jalan Palasari Dua-Babakan Gunung nomor 16, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang.

D'Castello hanya berjarak 29 kilometer dari Alun-Alun Kota Bandung dengan jarak tempuh sekitar 1 jam 30 menit menggunakan mobil. Berada di samping jalan arteri utama, akses yang dilalui tergolong mudah. Bahkan, bus juga dapat masuk sampai ke lahan parkir yang sudah disediakan pengembang.

Dari Alun-Alun Kota Bandung, Anda cukup belok kanan ke Jalan Banceuy, mengikuti jalur tersebut hingga Jalan Wastukencana, kemudian lanjut melalui Jalan Ir. H. Juanda.


Setelah melalui hotel Sheraton dan terminal Dago, Anda perlu belok kiri ke Jalan Sukaresmi. Ikuti terus jalan tersebut sampai bertemu Jalan Dago Giri. Saat sudah mencapai area Maribaya, Lembang, Anda perlu belok kiri ke Jalan Ciputri.

Dari situ, Anda cukup mengikuti jalan saja sampai bertemu Jalan Raya Tangkubanparahu dan Jalan Raya Subang. Ikuti terus jalur itu sampai bertemu Jalan Raya Ciater yang dilanjutkan dengan Jalan Palasari Dua-Babakan Gunung. D'Castello berada pada sisi kiri jalan tersebut.

Harga tiket masuk (HTM) yang ditawarkan pun sangat terjangkau, hanya Rp 30 ribu untuk weekday dan Rp 40 ribu untuk weekend. Dengan membayar HTM tersebut, Anda tidak akan dipungut biaya apa-apa lagi di area wisata tersebut, kecuali untuk membeli aneka makanan dan minuman yang dijual di area food court.

Daya pikat utama dari tempat ini adalah banyaknya titik foto yang indah, unik, dan tentunya Instagrammable. Bahkan, pihak pengembang menyatakan terdapat lebih dari 100 spot foto di kawasan wisata ini.

Gerbang utama D'Castello juga didesain menarik. Pengunjung dapat masuk melalui kastil sebelum dimanjakan dengan pemandangan layaknya di negeri dongeng. Kebun bunga dan tangga yang berwarna-warni pun mengundang decak kagum wisatawan sembari menikmati sejuknya udara Kabupaten Subang.

Setelah melalui kastil pertama tersebut, pengunjung disuguhkan dengan air mancur di tengah taman. Setelah itu, patung tanaman besar dengan bentuk Mickey Mouse pun seringkali dipenuhi dengan antrean pengunjung yang ingin berfoto.

Pada area selanjutnya, pengunjung akan bertemu dengan bangunan besar dan menerima dua pilihan, yaitu melalui jalur kanan untuk ke food court atau jalur kiri untuk ke spot foto. Sebuah lorong dengan tanaman bunga plastik gantung berwarna-warni pun menjadi salah satu titik foto incaran wisatawan.

Wahana khusus anak di Florawisata D'Castello CiaterWahana khusus anak di Florawisata D'Castello Ciater Foto: (Bonauli/detikcom)

Setelah itu, pengunjung dapat mengeksplorasi area sangkar burung raksasa dan kebun bunga raksasa. Seringkali, area ini menjadi tempat untuk sekadar beristirahat atau untuk berfoto ria.

Jika sudah melewati kedua area tersebut, wisatawan dapat melalui jembatan kayu panjang dengan patung tangan di bagian tengah jembatan tersebut untuk kemudian menemukan kastil raksasa yang menjadi ikon D'Castello.

D'Castello, Subang.D'Castello, Subang. Foto: Istimewa

Pada kastil tersebut, pengunjung dapat beristirahat sembari menikmati hidangan yang dijual di kedai makanan yang disediakan pengelola. Pemandangan dari kastil ini pun sangat memanjakan mata. Hamparan kebun teh dan kabut yang menggantung dapat dilihat dari segala sisi kastil.

Bagi keluarga yang membawa anak, area setelahnya dijamin dapat membuat anak betah. Pasalnya, terdapat arena bermain anak beralaskan rumput sintetis dan dihiasi bangunan warna-warni.

D'Castello yang dapat dijumpai di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Subang bagian selatan ini buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB (weekday) dan 08-00-18.00 WIB (weekend).

(ors/ors)