Milad Keraton Kacirebonan, Ragam Benda Pusaka Dipajang

Ony Syahroni - detikJabar
Sabtu, 06 Agu 2022 07:23 WIB
Pameran dan Bursa Tosan Aji di Keraton Kacirebonan
Pameran dan Bursa Tosan Aji di Keraton Kacirebonan (Foto: Ony Syahroni/detikJabar)
Cirebon -

Ratusan benda pusaka dihadirkan dalam acara Pameran dan Bursa Tosan Aji yang digelar di halaman Keraton Kacirebonan. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara pada Festival Seni dan Budaya dalam rangka memperingati milad Keraton Kacirebonan ke-214.

Ketua panitia Festival Seni dan Budaya Keraton Kacirebonan, Elang Blue Gun Darmakoesoema mengatakan, pameran dan bursa pameran Tosan Aji ini rencananya akan digelar selama empat hari, yakni mulai tanggal 4 hingga 7 Agustus 2022. Bersamaan dengan itu, juga turut digelar pameran dan bursa batu akik.

"Pameran Tosan Aji dan batu akik di Keraton Kacirebonan alhamdulillah sudah menjadi agenda rutin tahunan," kata Elang Blue Gun saat berbincang dengan detikJabar di Keraton Kacirebonan, Jumat (5/8/2022).


Dalam menggelar kegiatan ini, Keraton Kacirebonan berkolaborasi dengan Paguyuban Pelestari dan Bursa Tosan Aji Cirebon serta Paguyuban Batu Akik Cirebon. Pada kesempatan itu, juga nampak hadir Rivo Cahyono, seorang Youtuber pemilik Ethnic Indonesia Channel yang banyak membahas seputar Tosan Aji.

Menurut Elang Blue Gun, khusus untuk pameran dan bursa Tosan Aji, sebelumnya direncanakan bakal diisi dengan berbagai kegiatan lainnya. Mulai dari diskusi seputar pusaka, bedar (membahas detail) tentang pusaka dan lain-lain.

"Rencananya target kita itu, kegiatan ini bisa digelar selengkapnya. Mulai dari ada diskusinya, bedar pusaka dan lain-lain. Tidak hanya pameran dan bursa saja. Insya Allah tahun depan bisa lebih maksimal lagi," kata dia.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pameran dan Bursa Tosan Aji di Keraton Kacirebonan, Lingga Nugraha mengatakan ada ratusan benda pusaka dari berbagai macam jenis yang dihadirkan dalam kegiatan itu. Mulai dari Keris, Tombak, Kujang dan lain-lain.

"Secara definisi Tosan Aji itu berarti besi atau baja yang bernilai tinggi. Jadi yang kita pamerkan ini adalah produk atau kerajinan dari masa lalu yang berupa logam. Antara lain Keris, Pedang, Tombak dan Kujang. Walaupun mayoritasnya adalah Keris," kata Lingga.

"Ratusan pusaka yang kita pamerkan di sini adalah barang-barang bernilai tinggi dan memiliki nilai sejarah panjang," kata dia menambahkan.

Menurut dia, pameran dan bursa Tosan Aji yang digelar di Keraton Kacirebonan ini bertujuan untuk melestarikan peninggalan budaya nusantara sekaligus mengenalkannya kepada masyarakat luas.

"Agar masyarakat bisa lebih mengenal lagi peninggalan dari leluhurnya," kata Lingga.



Simak Video "Keraton Kasepuhan, Tempat Bersejarah Bukti Kejayaan Kerajaan Cirebon"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)