Penjelasan BIJB soal Diundurnya Penerbangan Umrah

Penjelasan BIJB soal Diundurnya Penerbangan Umrah

Erick Disy Darmawan - detikJabar
Kamis, 10 Nov 2022 18:30 WIB
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati jadi bengkel pesawat.
Bandara Internasional Jawa Barat (Foto: Erick Disy Darmawan/detikJabar).
Majalengka -

Penerbangan jemaah umrah dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka ditunda dari jadwal yang sudah direncanakan. Lalu apa kendalanya?

Sebelumnya pemberangkatan jemaah umrah dari bandara tersebut, direncanakan akan terbang pada 7 November 2022. Namun, karena persiapan yang dinilai terlalu mepet sehingga penerbangan perdana umroh dari Bandara Kertajati urung diberangkatkan.

"Penerbangan itu sejatinya dijadwalkan oleh pihak maskapai. Mungkin persiapannya mepet ya, jadi memang melenceng dari target. Karena umrah itu tidak bisa secara tiba-tiba gitu, harus persiapan matang," kata Direktur Utama PT BIJB Kertajati Majalengka Muhammad Singgih, Kamis (10/11/2022).


Kendati jadwal penerbangan umroh tidak sesuai rencana, Singgih menyampaikan pihaknya tetap menargetkan penerbangan perdana umroh akan dilaksanakan pada November ini.

Oleh karena itu, pihak maskapai dan travel agen saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi agar penerbangan umroh tetap bisa dilaksanakan dari Bandara Kertajati dalam waktu dekat.

"Targetnya tetap pada November, karena memang dari awal targetnya mau di November sebenarnya. Saya rasa dalam beberapa waktu ke depan nanti sudah bisa dilihat dimulainya tanggal berapa lagi," ujar dia.

Meski begitu, Singgih menegaskan pihak bandara sudah sangat siap melayani penerbangan umrah tersebut. Akan tetapi, terkait jadwal penerbangan umroh sepenuhnya merupakan kebijakan maskapai dan biro travel.

"Pada Prinsipnya, Bandara Internasional Kertajati sudah siap untuk melayani penerbangan umrah. Tentang detail penyebab delay dapat dikonfirmasi langsung kepada maskapai," ucapnya.

(mso/mso)