Wargi Jabar, Begini Cara Cek BLT Gaji yang Cair Pekan Depan

Kabar Nasional

Wargi Jabar, Begini Cara Cek BLT Gaji yang Cair Pekan Depan

Tim detikFinance - detikJabar
Jumat, 30 Sep 2022 20:00 WIB
Hand holding Indonesian Rupiah (IDR) Red 100,000 bank notes currency from leather wallet on white background.
Ilustrasi uang. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Anggi Dharma Prasetya)
Jakarta -

Penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) atau BLT sudah memasuki tahap ketiga. Sedangkan tahap keempat akan disalurkan pekan depan.

"Insya Allah minggu depan BSU mungkin akan dimulai tahap 4," kata Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata dalam media briefing di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (30/9/2022).

Dikutip dari detikFinance, Isa mengatakan sebanyak 7 juta pekerja dari 14,6 juta target penerima sudah menerima BLT gaji. Total anggaran yang sudah digelontorkan sebesar Rp 4,2 triliun dari keseluruhan anggaran Rp 8,8 triliun.


"Jadi sudah dibayarkan Rp 4,2 triliun atau 48,2% dari anggaran yang saat ini ada Rp 8,8 triliun," tutur Isa.

BLT gaji disalurkan ke pekerja yang memiliki rekening bank BUMN atau Himbara. Bagi yang tidak memilikinya, akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia (Persero) atau dibuatkan alternatif rekening Bank Himbara.

"Mereka yang tidak punya rekening itu ada yang diusahakan dibukakan rekening sebetulnya, namun ada juga yang memang akses ke bank-banknya juga tidak mudah buat mereka itu akhirnya kemudian kembali dibayarkan lewat PT Pos," ucapnya.

Nah, untuk mengecek apakah nama kamu masuk sebagai penerima BLT gaji atau tidak, kamu bisa mengakses bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id dan ikuti panduannya. Atau bisa ikuti langkah sebagai berikut:

1) Kunjungi website Kemnaker di www.kemnaker.go.id.

(2) Daftar akun bagi yang belum memiliki akun. Lengkapi pendaftaran akun

(3) Aktivasi akun dengan kode OTP yang dikirim ke nomor ponsel

(4) Masuk ke akun SIAPkerja jika sudah memiliki akun

(5) Lengkapi biodata sesuai dengan formulir yang disediakan

(6) Tinggal periksa notifikasi di website tersebut

Tampilan notifikasi terbagi dalam tiga bagian:

Tahap 1. Calon:

Pendaftar akan mendapat notifikasi jika terdaftar sebagai calon penerima bantuan subsidi upah (BSU) sesuai tahapan penyerahan data calon penerima dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan.

Tahap 2. Penetapan:

Tampilan ini menentukan apakah lolos sebagai penerima BSU atau tidak. Akan mendapat notifikasi apabila telah ditetapkan sebagai penerima BSU.

Tahap 3. Penyaluran:

Akan mendapatkan notifikasi apabila dana bantuan subsidi upah tersalurkan ke rekening bank Himbara (Mandiri, BRI, BNI, BTN) atau Bank Syariah Indonesia (Khusus di wilayah Aceh).

Penyaluran melalui Kantor Pos akan disampaikan melalui surat pemberitahuan kepada penerima sebagai dasar pencairan dana BLT.

Artikel ini telah tayang di detikFinance dengan judul BLT Gaji Rp 600 Ribu Tahap 4 Cair Minggu Depan, Begini Cara Ceknya

(orb/orb)