UMKM di Jabar Didorong Urus Sertifikat HAKI

Tim detikJabar - detikJabar
Jumat, 19 Agu 2022 23:17 WIB
Pameran UKM Jabar Paten di Bandung, mulai 19 – 25 April 2021
Ilustrasi UMKM (Foto: Wisma Putra/detikTravel)
Bandung -

UMKM di Jawa Barat kian berjamur. Guna mencegah plagiarisme, UMKM di Jabar didorong untuk mendaftarkan merek dagang melalui hak kekayaan intelektual (HAKI).

"Kami menyampaikan kepada masyarakat bahwasannya kami sedang membuka (pendaftaran HAKI) untuk perusahaan perseorangan," ucap Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jabar Sudjonggo, Jumat (19/8/2022).

Sudjonggo menuturkan pendaftaran ke HAKI memiliki banyak keunggulan. Selain mencegah plagiarisme, HAKI dalam bidang perdagangan bisa melindungi darin kemungkinan penggunaan hak miliknya yang tanpa izin.


Apalagi, HAKI juga berguna untuk eksportir agar produknya tetap memiliki perlindungan hukum. HAKI juga bermanfaat bagi UMKM sebagai legalitas atas produk yang dihasilkan.

"Iya itu kita sosialisasikan kepada masyarakat. Sehingga kita mengajak ayo daftarkan yang dimiliki baik secara pribadi maupun kewilayahan," ucap Sudjonggo.

Dia menambahkan pendaftaran HAKI sendiri kini sudah mudah. Bahkan harga pendaftaran pun terjangkau.

"Jadi masyarakat tidak perlu takut, buka saja untuk perusahaan perseorangan, murah kok cuma Rp 50 ribu dan itu akan membentuk UMKM seluruh Indonesia," kata dia.



Simak Video "Segini Biaya yang Harus Dikeluarkan Pelaku UMKM Buat Daftarkan Merek"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)