Ridwan Kamil Bicara Makna dan Mahalnya Kemerdekaan

Sudirman Wamad - detikJabar
Rabu, 17 Agu 2022 10:00 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (Foto: Sudirman Wamad)
Bandung -

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menjadi inspektur upacara pengibaran bendera merah-putih di Lapangan Gasibu, Kota Bandung. Ridwan Kamil bicara soal makna dan mahalnya kemerdekaan.

"Perayaan 17 Agustus ini, bukan hanya sekadar perayaan. Melainkan momentum refleksi arti perjuangan pendahulu kita dalam merebut kemerdekaan dari penjajah," kata Ridwan Kamil saat memberikan amanat upacara Hari Kemerdekaan di Lapangan Gasibu, Rabu (17/8/2022).

Ridwan Kamil juga menjelaskan upaya gigih yang dilakukan para pejuang, dari strategi gerilya, mobilisasi massa secara terbuka, hingga rapat umum dan upaya diplomasi demi kemerdekaan Indonesia. Perjuangan para pejuang patut dihargai.


"Jangan anggap kecil penderitaan luar biasa pada pejuang. Di negara yang tengah berkonflik seperti Ukraina dan Palestina, menjadi refleksi mahalnya harga kemerdekaan," kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Lebih lanjut, Kang Emil juga menerangkan kondisi dunia saat ini yang tengah dirongrong ancaman krisis global. Ia tak menampik ekonomi dunia tengah bergejolak. Sehingga, ancaman krisis juga mengancam Indonesia. Ditambah lagi, negara saat ini berjuang untuk memulihkan kondisi akibat pandemi COVID-19.

"Ini tahun ketiga perayaan dalam situasi pandemi. Saat ini jauh terkendali karena masa transisi pandemi menuju endemi," kata Kang Emil.

(sud/iqk)