KAI Gandeng Pemda Sukabumi-Karawang Bikin Transportasi Terintegrasi

Siti Fatimah - detikJabar
Jumat, 05 Agu 2022 16:21 WIB
Stasiun Sukabumi
Stasiun Sukabumi (Foto: Istimewa/Dok Humas Daop I Jakarta)
Sukabumi -

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggandeng Pemerintah Daerah untuk melakukan pembenahan transportasi hingga saling terintegrasi dengan angkutan kota. Rencana itu tertuang dalam penandatanganan perjanjian dengan Pemerintah Kota Sukabumi.

"Silaturahmi bersama PT KAI ini bersejarah dalam penataan wilayah di Kota Sukabumi,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dalam keterangannya, Jumat (5/8/2022).

Dia mengatakan, kesepakatan bersama ini adalah komitmen awal bagi Pemda maupun PT KAI untuk melakukan aksi sesuai kewenangan dan sumber daya yang dimiliki. Dia menyebutkan, pihaknya telah melakukan penataan kawasan di depan Stasiun Sukabumi sebagai salah satu kawasan aset PT KAI.


Fahmi menyebut, Pemda saat ini tengah semangat menata wilayah sebagai salah satu target bagaimana kesejahteraan dan kenyamanan menjadi kata kunci dalam pelayanan.

Executive Vice President Daop 1 Jakarta PT KAI Suryawan Putra Hia mengatakan, penandatanganan perjanjian kerja sama ini juga dimaksudkan sebagai komitmen awal untuk melaksanakan sinergi dalam kewenangan, kompetensi, program dan kegiatan. Nantinya, hal itu diharapkan dapat saling mendukung dalam peningkatan koneksitas transportasi KA dengan angkutan perkotaan di Kota Sukabumi.

"Kedepannya para pihak dapat berkolaborasi untuk penataan lingkungan sekitar stasiun guna menunjang aktivitas masyarakat sesuai kewenangan dan ketentuan yang berlaku," kata Suryawan.

Saat ini untuk mempermudah masyarakat beralih moda transportasi dari dan menuju stasiun, Daop 1 Jakarta telah melakukan penataan kawasan Stasiun Sukabumi. Selain itu untuk menunjang aktifitas masyarakat menggunakan transportasi KA, Daop 1 Jakarta juga telah mengoperasikan kembali KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor dan sebaliknya dengan total 6 perjalanan KA per hari dengan tarif Rp 45 ribu (kelas Ekonomi) dan Rp 80 ribu (kelas Eksekutif).

Perjanjian kerjasama juga dilakukan di Kabupaten Karawang melalui pemanfaatan aset KAI Daop 1. Kerjasama tersebut berupa program pembangunan ruang terbuka hijau di Pasar Rengasdengklok untuk kenyamanan masyarakat berada diruang publik.

Di Kabupaten Karawang, saat ini terdapat 7 perjalanan KA Jarak Jauh yang berhenti melayani naik turun penumpang di Stasiun Karawang. Jumlah tersebut sudah lebih banyak jika dibandingkan dua tahun lalu. Stasiun Karawang juga melayani 6 perjalanan KA Lokal relasi Cikarang - Purwakarta.



Simak Video "PT KAI Kecam Aksi Pelemparan Batu ke Kereta di Jaktim"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)