Kunjungi PT DI, Bamsoet Ingin Ada Industri Rumahan Material Pesawat

Kunjungi PT DI, Bamsoet Ingin Ada Industri Rumahan Material Pesawat

Sudirman Wamad - detikJabar
Sabtu, 23 Jul 2022 17:35 WIB
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo mendorong PT Dirgantara I
Ketua MPR Bambang Soesatyo ketika mengunjungi PT DI (Foto: Sudirman Wamad/detikJabar)
Bandung -

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo mendorong PT Dirgantara Indonesia (DI) melibatkan masyarakat sekitar. Salah satunya dengan pemberdayaan melalui suplai kebutuhan material untuk produksi pesawat.

Politikus yang akrab disapa Bamsoet itu mengatakan kebutuhan material seperti baut, baling-baling dan material lainnya sejatinya bisa dibuat oleh masyarakat sekitar perusahaan pelat merah itu. Konsepnya, lanjut dia, bisa melalui industri rumahan.

"Ada industri rumahan, kampung baling-baling misalnya, atau kampung baut, tapi tentunya itu pun perlu dibina terlebih dahulu oleh PT DI," kata Bamsoet saat kunjungan kerja di PT DI, Sabtu (23/7/2022).


Bamsoet pun berharap pesawat produksi PT DI bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, seperti di sektor pertanian, militer dan lainnya. Ia optimis kondisi demikian bisa mendongkrak ekonomi.

Selain itu, lanjut Bamsoet, pembelian pesawat dalam negeri sejatinya lebih aman. Sebab, menurutnya, pembelian pesawat luar negeri dikhawatirkan ada sesuatu hal yang bisa merugikan negara.

"Kalau kita beli dari luar tidak ada jaminan itu clear, belum lagi mereka punya kendali jarak jauh," kata Bamsoet.

Dalam kesempatan itu, Bamsoet juga berencana membeli pesawat CN-235. Pesawat itu akan digunakan untuk keperluan bisnisnya. Ia menilai proses pembelian pesawat di PT DI lebih cepat ketimbang luar negeri.

"Untuk angkut mobil. Karena selama ini kita punya konsumen, kalau kirim mobil itu pakai kapal, kalau ini kan bisa lebih cepat," ucap politikus Partai Golkar itu.

Sementara itu, Direktur Utama PT DI Gita Amperiawan mengaku pihaknya berkomitmen melibatkan masyarakat sekitar dalam produksi pesawat. Hal ini diharapkan bisa membantu meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Kualitas harus kita tingkatkan, itu menjadi orientasi kita saat ini untuk menjamin kualitas produknya," ucap Gita.

(sud/yum)