Tarif Tol Soroja Naik Mulai 10 Juli 2022

Sudirman Wamad - detikJabar
Selasa, 05 Jul 2022 19:15 WIB
Tol Soroja
Foto: Tol Soroja (Foto: Istimewa).
Bandung -

PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) selaku pengelola Tol Soroja telah merilis kenaikan tarif tol beberapa golongan kendaraan. Tarif anyar itu berlaku mulai 10 Juli 2022 pukul 00.00 WIB.

Dalam keterangan yang diterima detikJabar, penyesuaian tarif berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No 570/KPTS/M/2022 tanggal 13 Juni 2022 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Pasir Koja - Soreang (Jalan Tol Dalam Kota). Keputusannya, PT CMLJ menaikkan tarif tol sebesar Rp 500.

PT CMLJ telah menyosialisasikan ke berbagai platform media terkait kenaikan tarif tol itu. Hal itu sesuai dengan arahan pemerintah.


"Terdapat tiga tahapan sosialisasi yang harus dilakukan BUJT yang pertama sosialisasi mengenai manfaat jalan tol, yang kedua sosialisasi mengenai besaran tarif yang di hitung berdasarkan angka inflasi dan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal, dan sosialisasi yang ketiga mengenai waktu pemberlakuan tarif," kata Staf Ahli Menteri V PUPR Endra S. Atmawidjaja dalam keterangan yang diterima, Selasa (5/7/2022).

Sementara itu, anggota BPJT Unsur Kementerian PUPR Mahbullah Nurdin mengatakan kenaikan tarif merupakan amanat undang-undang dan peraturan pemerintah, dan tertuang dalam PPJT

"Evaluasi dan penyesuaian tarif tol itu dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi, dan evaluasi pemenuhan SPM jalan tol," kata Nurdin.

Sementara itu, Direktur PT CMLJ Muhdhor Nurohman mengaku pihaknya telah meningkatkan pelayanan berupa penambahan mesin top up e-toll di gerbang tol, yang sebelumnya hanya dapat memproses kartu e-money, sekarang tersedia top up flazz.

Selain itu, PT CMLJ melakukan perbaikan drainase untuk menghindari adanya genangan dan banjir pada saat musim hujan. "Perbaikan panel pagar beton yang sebelumnya rusak karena pergerakan tanah, penambahan 20 CCTV di jalur dan perbaikan rigid pavement untuk jalan yang tidak rata atau berlubang," ucap Muhdhor.

Masyarakat diimbau untuk selalu memastikan saldo e-toll mencukupi sehingga dapat menghindari kepadatan antrean di gerbang tol, apalagi pada saat jam sibuk atau akhir pekan.

Kenaikan tarif tol sebesar Rp 500 Rupiah berlaku pada Golongan I, Golongan IV, Golongan V. Adapun besaran penyesuaian tarif yaitu:

Gol I: Rp 8.000,- yang semula Rp 7.500,-
Gol II: Rp 12.000,- yang semula Rp 12.000,-
Gol III: Rp 12.000,- yang semula Rp 12.000,-
Gol IV: Rp 15.500,- yang semula Rp 15.000,-
Gol V: Rp 15.500,- yang semula Rp 15.000,-

(sud/mso)