Emak-emak di Majalengka Ramai Jual Perhiasan Emas, Ada Apa?

Emak-emak di Majalengka Ramai Jual Perhiasan Emas, Ada Apa?

Erick Disy Darmawan - detikJabar
Jumat, 11 Mar 2022 15:39 WIB
Suasan toko emas di Pasar Cigasong.
Suasana toko emas di Pasar Cigasong (Erick Disy Darmawan/detikJabar).
Majalengka -

Naiknya harga emas saat ini dimanfaatkan emak-emak di Kabupaten Majalengka untuk menjual perhiasannya. Saat ini harga emas menyentuh Rp 1 juta per gram.

Salah satu pengunjung toko emas yang berada di wilayah Pasar Cigasong, Susi Susilawati (43) mengaku datang ke toko tersebut sengaja untuk menjual perhiasan emasnya setelah mengetahui kabar harga emas naik.

"Ini lagi jual cincin kang. Iya, soalnya dapat info harga emas lagi naik, terus lagi butuh uang juga. Saya jual yang 3 gram," kata Susi saat ditemui di toko emas, Jumat (11/3/2022).


Selain Susi, emak-emak lainnya Eli (59) juga mengaku datang ke toko emas hanya berniat menjual perhiasan miliknya. Dia menjual emas yang dimilikinya sekitar 3 tahun lalu.

"Iya, cuma jual aja, ini 2 gram kang," ujar Eli.

Sementara, penanggungjawab salah satu toko emas di Pasar Cigasong Isa Fauzi (45) mengakui bahwa saat ini tokonya kebanyakan didatangi pengunjung untuk menjual emas dibanding membeli emas.

"Kalau rata-rata pengunjung sehari ke sini tuh paling 200 orang setiap harinya," ujar dia.

Dia menjelaskan, di tokonya ia hanya menjual emas muda yang harga emasnya dibandrol Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu per gramnya. Adapun, imbas kenaikan harga emas sendiri ia memprediksi karena adanya konflik Rusia-Ukraina.

"Kita menjual emas muda yang kandungan emasnya 30 sampai 40 persen. Yang 30 persen itu Harganya Rp 300 ribu per gram dan yang 40 persen harganya Rp 400 ribu per gram," jelas dia.

(mso/bbn)