Kabupaten Majalengka

Trigana Air Tambah Layanan Penerbangan Kargo di BIJB Kertajati

Erick Disy Darmawan - detikJabar
Rabu, 09 Mar 2022 02:30 WIB
Pesawat Kargo Trigana Air saat melakukan penerbangan perdana dari BIJB Kertajati.
Pesawat Kargo Trigana Air saat melakukan penerbangan perdana dari BIJB Kertajati (Erick Disy Darmawan/detikJabar).
Majalengka -

Trigana Air melakukan penerbangan perdana operasional pesawat kargo di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Selasa (8/3/2022). Penerbangan ini sekaligus menambah layanan kargo yang ada di BIJB Kertajati.

Direktur Komersial Trigana air Daniel Kurniawan mengatakan penerbangan kargo Trigana Air ini melayani rute tujuan dari BIJB Kertajati ke Bandara Pontianak, Banjarmasin dan Palangkaraya. Dipilihnya tiga rute tersebut karena permintaan pengiriman di daerah tersebut cukup banyak.

"Rute sekarang awal-awalnya Pontianak. Banjarmasin yang jadi target terus Palangkaraya," kata Daniel saat diwawancarai wartawan.


Dia menjelaskan penerbangan kargo Trigana Air dari BIJB ini akan dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari. Dengan target 45 ton barang yang dikeluarkan dalam sehari.

"Bandara Kertajati ini kan sentral, di tengah-tengah. Jawa Baratnya kena, Jawa Tengahnya kena, Utaranya juga. Terus nanti akan ada pelabuhan (Patimban) kan. Jadi ini potensinya gede untuk ke depannya," jelas dia.

Di tempat yang sama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan hadirnya penerbangan kargo Trigana Air ini diharapkan mendongkrak perekonomian di Jawa Barat.

"Artinya apa, di bandara Kertajati ini pergerakan ekonomi di Jawa Barat, dan pergerakannya di daerah-daerah lain itu berputar," papar Budi saat membuka penerbangan perdana Trigana Air.

Dengan itu, ia merasa bangga dan bahagia bahwa ekonomi Indonesia itu tumbuh. Apalagi di masa pandemi COVID-19 Trigana Air membuat suatu gebrakan.

"Setiap hari ada penerbangan dari Kertajati dan Trigana bahkan dalam satu penerbangan terisi penuh setiap hari dikirim ke beberapa tempat," kata dia.

Trigana Air merupakan pesawat kargo yang kedua melakukan penerbangan dari BIJB Kertajati, yang mana sebelumnya penerbangan perdana juga dilakukan oleh pesawat Asia Cargo Airlines pada Desember 2021 lalu.

Sementara itu, Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana menuatakan hadirnya Trigana Air dipastikan bermanfaat bagi masyarakat Majalengka khususnya yang fokus usaha di bidang e-commerce.

"Dengan dibukanya layanan kargo dari Trigana Air di BIJB yang di mulai hari ini, dipastikan ada manfaatnya, ada dampaknya ke masyarakat Majalengka," kata Tarsono.

Bertambahnya penerbangan kargo di BIJB Kertajati, menurut Tarsono bisa memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM Majalengka.

"Ini kepada pelaku UMKM Majalengka pasti sangat berpengaruh dan juga kepada masyarakat Majalengka yang memang bergelut di bidang e-commerce. Jadi saya kira ini ada dampaknya kepada masyarakat Majalengka," ujarnya.



Simak Video "Bandara Kertajati Majalengka Mulai Layani Penerbangan Kargo"
[Gambas:Video 20detik]
(mso/bbn)