Getaci Calon Tol Terpanjang Kedua di Indonesia, Hubungkan Jabar-Jateng

Sudirman Wamad - detikJabar
Senin, 21 Feb 2022 19:24 WIB
Foto udara gerbang keluar Jalan Tol Purbaleunyi di KM 149, Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Selasa (21/12/2021). Pemerintah Kota Bandung melayangkan surat kepada Kementerian PUPR untuk membuka gerbang Tol Gedebage KM 149 sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan kawasan Bandung Timur. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Visual udara Tol Gedebage. (Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)
Bandung -

Jalan tol sepanjang 206,65 kilometer yang menghubungkan antara Jabar dan Jateng bakal dibangun. Jalan tol ini disebut-sebut yang terpanjang kedua di Indonesia.

Dilansir dari detikFinance, jalan tol terpanjang itu disebut juga dengan nama Tol Getaci. Tol ini menghubungkan Gedebage, Tasikmalaya dan Cilacap. Panjang Tol Getaci ini berada di bawah Tol Padang-Pekanbaru yang memiliki panjang 256,8 kilometer. Kedua tol terpanjang ini masih dalam proses pembangunan.

Tol Getaci bakal memiliki memiliki 10 simpang susun, yakni di Majalaya, Nagrek, Garut Utara, Garut Selatan, Singaparna, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Patimuan, dan Cilacap. Konstruksinya akan dibagi menjadj dua tahap, yakni Gedebage-Tasikmalaya dan Tasikmalaya-Cilacap.


Rencananya pembangunan konstruksi tahap pertama dilakukan pada 2022-2024. Tahap selanjutnya dilakukan pada 2027-2029. Prosesnya akan ada jeda tiga tahun dari tahap pertama ke kedua.

Berita selengkapnya silakan baca di detikFinance



Simak Video "Tol Japek Oase Si Pengurai Kemacetan"
[Gambas:Video 20detik]
(sud/bbn)