Cerai-berai Rumah Warga Panumbangan Cianjur Diguncang Gempa

Visual 360

Cerai-berai Rumah Warga Panumbangan Cianjur Diguncang Gempa

Sudirman Wamad - detikJabar
Kamis, 24 Nov 2022 14:05 WIB
Cianjur -

Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menjadi wilayah terparah yang terdampak gempa bumi M 5,6 pada Senin (21/11/2022) lalu. Rumah-rumah di kecamatan ini rata dengan tanah.

Salah satunya di Kampung Panumbangan, Desa Cibulakan, Kecamatan Cugenang. Pantauan detikJabar, tak sedikit rumah yang sudah rata dengan tanah. Kondisinya miring dan alami kerusakan parah.

Saat ini, warga sekitar enggan masuk rumah. Memilih mengosongkan rumahnya dan berdiam di tenda pengungsian. Salah seorang di antaranya Andri (44). Ia mengaku sedang berada di jalan menuju pulang saat gempa terjadi.

"Pas sampai rumah sudah begini (hancur)," kata Andri saat berbincang dengan detikJabar, Kamis (24/11/2022).

Senada disampaikan Mumu (50). Warga Kampung Panumbangan ini mengaku tak menyangka terjadi gempa mematikan. Saat itu, ia berada di lantai dua. Rumahnya bergoyang. "Tanah seperti bergelombang. Langsung lari dan menyelamatkan diri," kata Mumu.


Banyak rumah di Kampung Panumbangan rata dengan tanah. Warga kampung ini belum berani masuk rumah. Mayoritas rumah dikosongkan sementara. Mereka bertahan di tenda-tenda pengungsian.

(sud/iqk)