84 Korban Gempa Cianjur Dirawat di RSHS, 56 Tunggu Jadwal Operasi

84 Korban Gempa Cianjur Dirawat di RSHS, 56 Tunggu Jadwal Operasi

Rifat Alhamidi - detikJabar
Kamis, 24 Nov 2022 11:44 WIB
Korban Gempa Cianjur yang Masih Dirawat di RSUD Sayang
Korban gempa di RSUD Sayang (Foto: Whisnu Pradana)
Bandung -

Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung tengah merawat 84 korban gempa Cianjur. Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat merinci, 56 di antaranya kini tengah menunggu antrean untuk mendapat tindakan operasi.

"RSHS kemarin sampai 84 orang yang akan dioperasi, 56 dalam antrean operasi," kata Kadinkes Jawa Barat Nina Susana Dewi saat ditemui wartawan di Plaza Gedung Sate, Kamis (24/11/2022).

Nina menegaskan, semua biaya perawatan korban gempa Cianjur ditanggung seluruhnya oleh Pemprov Jabar. Selain itu, pihaknya juga sudah menugaskan rumah sakit di wilayah lain untuk menerima rujukan pasien yang terkena dampak gempa tersebut.


"Biayanya akan ditanggung oleh Pemprov Jabar. Jadi nanti bila kesiapan di Cianjur terbatas, beberapa pasien akan kita kirim ke rumah sakit-rumah sakit yang bisa melakukan operasi-operasi," katanya.

Sebelumnya, Pemprov Jawa Barat menyiapkan anggaran Rp 20 miliar untuk penanganan gempa Cianjur. Dana yang bersumber dari anggaran bantuan tidak terduga (BTT) APBD Jabar ini disiapkan selama masa tanggap darurat.

"BTT Rp 20 miliar sudah kita siapkan untuk kebutuhan tanggap darurat," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Rabu (23/11/2022).

Selain anggaran dari APBD, Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga sudah berkomitmen membantu rehabilitas kerusakan rumah warga yang terdampak gempa. Bantuan bakal diberikan senilai RP 50 juta untuk rumah rusak berat, Rp 25 juta untuk rusak ringan dan Rp 10 juta untuk rusak sedang.

"(Komitmen) Bantuan ini akan terus kita sosialisasikan, untuk rehabilitasi rumah korban dananya APBN yang berada di BNPB," ungkap pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut.

(ral/yum)