Pemangsa Hewan Ternak Misterius di Cianjur Itu Terungkap

Pemangsa Hewan Ternak Misterius di Cianjur Itu Terungkap

Ikbal Selamet - detikJabar
Kamis, 13 Okt 2022 15:03 WIB
Ayam di Polsek Imogiri, Bantul
Ilustrasi hewan ternak. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng)
Cianjur -

Warga Kampung Cigarogol, Desa Jayagiri, Kecamatan Sindangbarang, Cianjur berhasil menangkap ular sanca sepanjang 3,5 meter yang diduga kerap memangsa hewan ternak.

Tolib (45), salah seorang warga, mengatakan penemuan ular tersebut bermula saat mendengar bebek di kandang di belakang rumah salah seorang warga bersuara gaduh.

Awalnya dia dan warga lainnya mengira ada yang hendak mencuri bebek ternak tersebut. Namun setelah dicek, ternyata di dalam kandang terdapat seekor ular sanca.


"Awalnya suara bebek terdengsr berisik, seperti ada sesuatu. Kita mengiranya ada yang mau mencuri bebek. Ternyata begitu dilihat ada ular sanca berukuran besar di dalam kandang sedang memangsa bebek," kata dia, Kamis (13/10/2022).

Warga langsung berusaha mengeluarkan dan menangkap ular sanca sepanjang itu. "Saya dibantu dua orang warga berhasil menangkap ular sanca dengan berat 15 kilogram dan panjang 3,5 meter dari dalam kandang," ungkap dia.

Ular sanca pemangsa hewan ternak di Cianjur.Ular sanca pemangsa hewan ternak di Cianjur. Foto: Istimewa

Dia mengungkapkan sebelumnya warga memang kerap kehilangan hewan ternaknya, baik ayam ataupun bebek. Diduga hewan ternak tersebut dimangsa ular sanca. Pasalnya setiap hujan atau terjadi banjir, warga sering melihat ular sanca berukuran besar di sekitaran pemukiman.

"Diduga ular ini yang sering memangsa ayam dan bebek warga. Karena sering hilang hewan ternak dan ada juga yang sempat melihat ular besar kalau hujan deras atau banjir," kata dia.

Tolib menambahkan ular sanca tersebut rencananya dilepas ke kawasan hutan yang jauh dari pemukiman penduduk.

"Ularnya di lepas lagi ke alam, tapi yang jauh dari pemukiman karena dikhawatirkan kembali memangsa ternak warga jika lepasnya masih di sekitaran kampung," pungkasnya.

(orb/orb)