Begini Cara Mengecek Status Penerima BLT Gaji atau BSU Tahap 5

Begini Cara Mengecek Status Penerima BLT Gaji atau BSU Tahap 5

Tim detikFinance - detikJabar
Minggu, 09 Okt 2022 03:30 WIB
hand showing rupiah money from wallet isolated on white background
Ilustrasi Uang (Foto: Getty Images/iStockphoto/Dicky Algofari)
Bandung -

BLT gaji atau BSU tahap 5 Rp 600 ribu dikabarkan cair mulai Senin (10/10/2022) besok. Dana itu akan disalurkan oleh pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan, penyaluran bantuan tunai BLT gaji atau BSU tahap 5 tersebut akan dilakukan pada Senin depan selaras dengan proses pemadanan data yang hingga kini masih dilakukan.

"Mudah-mudahan Senin sudah cair," ujar Anwar seperti dikutip dari detikFinance, Sabtu (24/9/2022).


Di sisi lain, Anwar belum dapat memastikan jumlah rekening penerima BLT gaji atau BSU tahap 5 ini. Hanya saja, jumlah data yang pihaknya terima yakni sebanyak 403,461 rekening.

"Yang dikirimkan kemarin sekitar 500-an ribu. Tepatnya 403,461, adalah data tahap ke v yang kami terima dan akan kita verifikasi dan validasi," terangnya.

Perlu digaris bawahi, tidak semua orang bisa pekerja bisa mendapatkan BLT gaji atau BSU ini. Pasalnya, bantuan ini hanya diberikan kepada pekerja atau buruh yang memenuhi syarat persyaratan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 10 Tahun 2022.

Lalu apa syarat dan bagaimana cara mengecek status sebagai penerima dana BLT atau bukan. Simak penjelasannya berikut ini.

Beberapa syarat penerima BLT gaji atau BSU di antaranya sebagai berikut.

1. WNI
2. Peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan per Juli 2022
3. Mempunyai gaji/upah paling tinggi Rp3,5 juta (Pekerja/Buruh yang bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari Rp 3,5 juta, maka persyaratan Gaji/Upah tersebut menjadi paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota atau Provinsi dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh)
4. Dikecualikan untuk mereka yang sudah menerima PKH (Program Keluarga Harapan), BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro), Kartu Prakerja, ASN, dan TNI-Polri.

Cara Mengecek Status Penerima BLT Gaji

1. Kunjungi situs kemnaker.go.id
2. Daftar akun. Apabila belum memiliki akun, maka Anda harus melakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.
3. Login ke dalam akun Anda
4. Lengkapi profil Anda seperti foto profil, tentang Anda, status pernikahan, dan tipe lokasi
5. Cek pemberitahuan

Apabila Anda terdaftar sebagai calon penerima BSU atau BLT subsidi gaji maka Anda akan mendapatkan notifikasi telah terdaftar sebagai calon penerima BSU atau BLT subsidi gaji, namun apabila Anda tidak terdaftar maka Anda akan mendapat notifikasi tidak terdaftar sebagai calon penerima BSU atau BLT subsidi gaji.

Jika Anda memenuhi syarat penerima BSU tahap 5 2022 atau BLT subsidi gaji tetapi tidak terdaftar, segera hubungi contact center BPJS Ketenagakerjaan di website bpjsketenagakerjaan.go.id, telepon di nomor 175 atau WhatsApp di nomor +6281380070175. Demikian informasi, syarat dan cara mengecek status penerima BLT Gaji

Artikel ini telah tayang di detikFinance dengan judul BLT Gaji Atau BSU Tahap 5 Cair Besok, Cek Namamu di Sini

(yum/yum)