Adab Bersin dan Menguap Sesuai Sunnah

Adab Bersin dan Menguap Sesuai Sunnah

Tim detikEdu - detikJabar
Rabu, 05 Okt 2022 08:00 WIB
This sweet little girl shows the viewer the correct way to sneeze or cough by using the inside of her elbow and not her hands.
Ilustrasi bersin (Foto: iStock)
Jakarta -

Dalam Islam, ada adab yang bisa dilakukan ketika bersin atau menguap. Bersin atau menguap merupakan hal wajar sebagai bentuk reaksi tubuh yang datang tiba-tiba.

Dilansir detikEdu, dikutip dari Buku Pintar Sains dalam Al-Quran oleh Nadiah Thayyarah, diriwayatkan dari Abi Hurairah bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bersin dan membenci orang yang menguap. Jika salah seorang dari kalian bersin dan mengucapkan 'Alhamdulillah' maka bagi muslim yang mendengarnya patut membaca 'yarhamukallah' (semoga Allah merahmatimu). Adapun menguap, ia termasuk perbuatan setan. Jika salah seorang dari kalian menguap, hendaknya ia menutup mulutnya sebisa mungkin. Karena jika salah seorang dari kalian menguap, setan akan menertawakannya." (HR. Bukhari)


Adab Bersin dalam Islam

Bersin merupakan salah satu nikmat yang diberikan Allah SWT agar seseorang bisa terhindar dari bibit penyakit. Dalam dunia medis, bersin memiliki tujuan untuk mengeluarkan bakteri secara paksa.

Berdasarkan hadits Abu Hurairah Radhiyallahu anhu:

"Bahwasanya apabila Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersin, beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam menutup wajah dengan tangan atau kainnya sambil merendahkan suaranya." [HR. Ahmad II/439, al-Hakim IV/264, Abu Dawud no. 5029, at-Tirmidzi no. 2746. Lihat Shahih at-Tirmidzi II/355 no. 2205]

Usai bersin, seorang muslim dianjurkan mengucapkan pujian kepada Allah SWT yaitu Alhamdulillah dan saudara muslim yang mendengarkan bersin tersebut hendaknya mengucapkan Yarhamukallah. Selanjutnya, ketika mendengar ucapan Yarhamukallah, maka yang bersin hendaknya mengucap Yahdikumullah wa yushlih balakum.

Adab Menguap dalam Islam

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang menguap. Reaksi ini merupakan hal yang normal. Berdasarkan medis, menguap merupakan bukti jika otak dan tubuh membutuhkan oksigen dan makanan.

Rasulullah SAW menganjurkan bagi seorang muslim untuk bisa menahan untuk menguap semampunya. Jika tidak sanggup, maka harus menutup mulut dengan telapak tangan kanan atau punggung tangan kiri.

Rasulullah SAW bersabda:

"Kuapan (menguap) itu datangnya dari syaitan. Jika salah seorang di antara kalian ada yang menguap, maka hendaklah ia menahan semampunya" [HR. Al-Bukhari no. 6226 dan Muslim no. 2944. Lafazh ini berdasarkan riwayat al-Bukhari]


Artikel ini telah tayang di detikEdu dengan judul Adab Bersin dan Menguap dalam Ajaran Islam, Siswa Wajib Tahu!. Baca selengkapnya di sini.

(iqk/iqk)